Manfaat dan Keuntungan Bergabung Komunitas Pertanian Sariagri

Komunitas Pertanian Sariagri adalah situs berita online sekaligus media interaksi berbagi pengetahuan antara komunitas pertanian Indonesia.
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated

Komunitas Pertanian Sariagri-Informasi seputar dunia pertanian sangat membantu para petani dan komunitas di bidang pertanian mengetahui permasalahan dan potensi-potensi yang ada sehingga mereka dapat berinovasi yang berdampak pada semakin mampunya sektor pertanian Indonesia bertahan menghadapi tantangan zaman.

Berinovasi Bersama Komunitas Pertanian Sariagri

situs berita pertanian
Memajukan sektor pertanian lewat berita pertanian di Komunitas Pertanian Sariagri

Komunitas pertanian turut memberi andil terhadap pertumbuhan dan perkembangan sektor pertanian di Indonesia. Prospek dunia pertanian yang sudah menggunakan teknologi tepat guna bisa menjadi alasan alih profesi terutama bila kamu ingin berkarir ke sektor pertanian dengan cara bergabung komunitas pertanian.

Komunitas pertanian adalah beberapa kelompok orang yang tinggal di tempat tertentu, baik di kawasan pertanian atau tempat kawasan lain yang berinteraksi karena kesamaan-kesamaan tertentu di bidang pertanian. Misalnya kesamaan profesi sebagai petani, sebagai pelaku usaha dari komoditi pertanian, atau pegiat/penggemar hal-hal yang berhubungan dengan bidang pertanian.

Saat ini ada banyak komunitas bidang pertanian di Indonesia. Ini menunjukkan bahwa banyak hal menarik di dunia pertanian yang bisa digali dan dikembangkan, baik untuk kemajuan dunia pertanian itu sendiri maupun untuk peningkatan taraf hidup dan pengetahuan orang-orang yang tergabung di dalamnya.

Mengapa Komunitas Pertanian Itu Penting ?

Munculnya berbagai masalah di bidang pertanian yang kompleks dan saling mempengaruhi satu sama lain memberikan dampak pada pelaku usaha tani dan sektor pertanian itu sendiri. Bidang pertanian sangat luas sehingga bukan hanya tentang padi, sawah, dan tanaman hortikultura tapi juga peternakan, kehutanan, dan perikanan.

Informasi tentang pertanian yang tidak terupdate, tidak akurat, dan tidak merata seringkali memunculkan gab serta persaingan mengatasnamakan komunitas sehingga beberapa komunitas pertanian mandeg secara aktivitas dan tidak memiliki inovasi. Padahal inovasi yang diharapkan adalah inovasi yang mampu memajukan kelompok dan sektor pertanian secara bersama-sama.

Apa Itu Komunitas Pertanian Sariagri

berita pertanian indonesia
Salah satu aktivitas pertanian di Indonesia

Kini ada Komunitas Pertanian Sariagri yang hadir untuk membantu kita semua mengembangkan minat dan memajukan dunia pertanian Indonesia.

Apa itu Komunitas Pertanian Sariagri ?

Sebelum mengenal lebih jauh tentang Komunitas Sariagri, kami mengajak anda mengetahui Sariagri terlebih dahulu.

Manfaat Komunitas Pertanian Sariagri

komunitas pertanian sariagri
Dapatkan beragam informasi pertanian di situs Sariagri.id

Sariagri adalah media berita khusus pertanian yang menjadi jembatan penghubung antar berbagai pemangku dan pengambil kebijakan sektor pertanian, dimana Pemerintah tahu situasi petaninya, dan petani tahu kebijakan dari pemerintahnya.

Sariagri terinspirasi dari kesadaran akan era pertanian, dimana petani harus berhimpun dalam suatu kerja sama ekonomi agar tercipta kekuatan yang kompetitif dan bankable.

Sebagai media informasi pertanian yang lahir di era digital, Sariagri hadir dalam bentuk portal online. Ini bertujuan mempermudah siapa saja untuk mendapatkan informasi terbaru seputar pertanian kapan saja dimana saja.

Selain itu, media online Sariagri.id juga ingin mendorong semua pelaku dan komunitas pertanian semakin melek teknologi. Karena dengan teknologi digital, siapapun bisa berinovasi. Misalnya menggunakan aplikasi-aplikasi terbaik yang membantu masyarakat, seperti aplikasi toko online untuk membeli pupuk atau untuk menjual produk olahan hasil pertanian.

Manfaat bergabung di komunitas pertanian Sariagri yaitu :

  1. Sebagai wadah untuk mendapatkan berbagai informasi tentang pertanian, peternakan, perikanan, kehutanan, hortikultura, dan harga komoditi.
  2. Sebagai tempat bersosialisasi dan berinteraksi para petani dan pelaku sektor pertanian, termasuk di dalamnya wirausahawan yang memperjualbelikan komoditi dan produk-produk pertanian.
  3. Tempat untuk berbagi pengetahuan seperti edukasi cara membuat pupuk organik, cara mengkombinasikan pakan ternak dan berbagai hal lainnya.
  4. Anggota komunitas mendapatkan perspektif baru di bidang pertanian.
  5. Tempat meningkatkan keterampilan.
  6. Wadah untuk menyatukan ide-ide dan gagasan mengembangkan sektor pertanian yang bermanfaat untuk semua orang.
  7. Memberikan masukan-masukan kepada pemerintah atau pemangku kebijakan untuk membuat kebijakan yang menguntungkan semua pihak agar inovasi pertanian terus terjadi.
  8. Anggota bisa bekerja sama dan berkolaborasi.
  9. Menjadi best practice dan percontohan bagi kelompok-kelompok lainnya.

Kelebihan Komunitas Pertanian Sariagri

Topik informasi di Sariagri.id sangat beragam. Selain berita pertanian user juga bisa membaca artikel mengenai kehutanan, peternakan, perikanan, perdagangan, hingga teknologi dalam bentuk berita update, artikel, tips tutorial, hingga video.

Tapi, apa kelebihan media seperti Komunitas Sariagri ini ?

  1. Anggota Komunitas Mendapatkan Aneka Berita dan Konten Informatif
  2. Bukan cuma berita dan artikel, anggota Komunitas Sariagri juga disuguhkan berbagai konten berita foto dan video. Bahkan di Sariagri juga ada menu Podcast yang berisi cuplikan wawancara tokoh-tokoh di bidang pertanian serta kisah petani sukses.

  3. Mudah Digunakan
  4. Sariagri memahami betul bahwa sasaran pengguna tidak semuanya memahami konten digital. Karena itu media ini didesain sedemikian rupa sehingga terkesan simpel dan mudah digunakan. Siapapun bisa memanfaatkan media ini meskipun belum menjadi user.

  5. Bisa Berinteraksi Dengan Banyak Komunitas
  6. Anggota atau user Sariagri dengan mudah menemukan komunitas-komunitas yang terdaftar secara online. Ada sangat banyak komunitas dari berbagai latar belakang kesamaan, sehingga user baru bisa memilih komunitas yang paling sesuai dengan kebutuhannya.

  7. Sudah BerPlatform Digital
  8. Pengguna dan anggota Komunitas Pertanian Sariagri dengan mudah berinteraksi di komunitas karena Komunitas Sariagri saat ini dapat diakses melalui aplikasi digital. Pengguna tinggal memasang aplikasi Sariagri dan berselancar kapan saja dimana saja di smartphone.

  9. Dapat Berbagi Informasi Event
  10. Komunitas Pertanian Sariagri juga media yang tepat untuk berbagi informasi event, sehingga event tersebut mendapatkan atensi. Bahkan lewat event ini anggota-anggota komunitas bisa berpatisipasi.

Alasan Bergabung Komunitas Pertanian Sariagri

Selain karena kelebihan-kelebihan tersebut, ada berbagai alasan mengapa anda yang berkutat di bidang pertanian perlu bergabung di Komunitas Pertanian Sariagri. Apa saja ?

  1. Berita Sariagri Selalu Up-to-date
  2. User anggota Komunitas Pertanian Sariagri akan mendapatkan beragam informasi nasioanl terbaru dan yang sedang viral, berita hortikultura, informasi harga komoditi, hingga artikel tips dan tutorial yang bisa menjadi inspirasi untuk mengembangkan profesi dan minat di sektor pertanian.

  3. User Bisa Membentuk Komunitas Sendiri
  4. Bisa membentuk komunitas baru adalah alasan lain mengapa anda bergabung di Komunitas Pertanian Sariagri. Anda bisa membuat komunitas baru sesuai latar belakang kebutuhan dan tujuan yang ingin dicapai.

  5. Tempat Konsultasi dan Berbagi Tips Sesama Anggota
  6. Di Komunitas Pertanian Sariagri setiap orang bisa berbagi tips tentang banyak hal, misalnya cara memupuk tanaman hias dengan pupuk organik, atau cara merawat kucing sehingga satu sama lainnya saling menginspirasi.

  7. Mendapatkan Pengetahuan Baru
  8. Selain tempat berkonsultasi, di Komunitas Pertanian Sariagri pastinya anda akan mendapatkan wawasan dan pengetahuan baru yang bisa diadaptasi sesuai kebutuhan. Anda juga bisa membagi pengetahuan ini ke orang lain di sekitar atau teman sekerja.

  9. Berbagi Ide Dapat Bayaran
  10. Uniknya, setiap orang yang punya ide atau gagasan bisa menyampaikan ide-ide kreatif yang bersifat membangun dan mendapatkan imbal balik berupa uang tunai hingga Rp 10.000.000 setiap bulannya bila ditayangkan.

Bagaimana Cara Bergabung Komunitas Pertanian Sariagri

Cara menjadi user atau anggota komunitas di Sariagri sangat mudah. Bergabung ke Komunitas Sariagri bisa anda lakukan melalui Pc atau laptop. Bila anda memilih bergabung melalui smarpthone, langkah-langkah bergabung ke Komunitas Pertanian Sariagri yaitu sebagai berikut:

  1. Langkah pertama yaitu buka aplikasi Playstore di hp Android atau Appstore di iPhone anda, kemudian pada kolom pencarian ketik "Sariagri".
  2. Setelah itu akan muncul laman aplikasi Sariagri, kemudian klik Instal. Tunggu beberapa saat hingga proses download dan instalasi aplikasi Sariagri selesai.Lalu buka aplikasi tersebut.
  3. Kini anda telah memiliki Aplikasi Sariagri. Pada halaman utama aplikasi akan tersaji berita-berita terbaru, berita headline, dan berita terpopuler mulai dari isu nasional, informasi tentang pangan, peternakan, perikanan, perdagangan, energi, dan ragam topik lainnya.
  4. Pada bagian sudut bawah bawah aplikasi terdapat menu "Login". Klik menu tersebut yang akan membawa anda ke laman registrasi. Bila anda pengguna baru, klik "Register Di Sini".
  5. Isi semua kolom pertanyaan selengkapnya serta password. Pastikan data email dan password anda telah benar.
  6. Centang kolom setuju dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, kemudian klik "Register".
  7. Kemudian buka email yang tadi dimasukkan saat registrasi untuk memverifikasi keanggotaan anda di Sariagri, lalu klik link yang dikirimkan.

Selamat, anda telah menjadi user di Sariagri. Selanjutnya anda tinggal melengkapi profil. Mudah bukan ?

Kini anda bisa mengakses berita dan informasi pertanian setiap saat, dan berinteraksi dengan anggota komunitas lainnya lewat Komunitas Sariagri. Yuk berbagi hal baik di Komunitas Pertanian Sariagri.

Getting Info...

About the Author

Cuma orang biasa saja. Penyuka musik cadas, penikmat film berkelas.

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.