Pentingnya Daya Sebar Cat Epoxy Untuk Lantai Kamar Mandi

Daya sebar cat epoxy harus diperhatikan agar kekuatan lapisan epoxy merata pada semua bidang permukaan lantai.
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated

Manfaat Daya Sebar Epoxy Lantai- Bagi sebagian orang cat epoxy sudah umum digunakan sebagai trik mempercantik rumah. Tidak hanya dinding dan lantai ruang tamu maupun ruang keluarga, lantai kamar mandi juga perlu mendapatkan treatment.

Saat ini hampir semua rumah menggunakan marmer untuk lantai di kamar mandi. Cat epoxy lantai kamar mandi dapat membantu lantai marmer lebih kesat dan tahan gores. Selain itu, menggunakan pelapis epoxy dapat merupakan salah satu cara merawat rumah agar lebih tahan lama.

Namun daya sebar cat epoxy adalah satu hal yang perlu dipertimbangkan, karena tidak semua cat epoxy kamar mandi memiliki penyebaran yang baik.

Apa Itu Cat Epoxy

Epoxy lantai adalah salah satu jenis pelapis lantai yang terbuat dari bahan utama epoxy resin dan hardener. Salah satu manfaat mengapa saat ini banyak bangunan di pusat kota menggunakan epoxy lantai adalah kualitas bangunan yang baik.

Penggunaan epoxy lantai pada perkantoran, pusat perbelanjaan, kamar hotel, hingga restoran elit bisa memberikan penilaian positif terhadap mutu bangunan, yang menyebabkan bangunan tersedia mendapatkan lisensi standar mutu dari lembaga yang berkompeten, misalnya Pemerintah.

Ada perbedaan antara coating dan coating epoxy, terutama dilihat dari material epoxy dan pengaplikasiannya. Bila coating materialnya adalah resin epoxy dan penguat poliamina untuk melindungi lantai, maka epoxy adalah lapisan cat khusus yang komponen materialnya hanya resin epoxy saja.

Mengapa Epoxy Penting Untuk Lantai ?

Coating epoxy atau penggunaan pelapis cat epoxy biasanya digunakan untuk melapisi dinding, agar lebih tahan lama. Cat keramik epoxy juga semakin populer digunakan selain untuk melapis dinding beton biasa Belakangan penggunaan cat pelapis lantai juga masif digunakan, terutama lantai dengan keramik.

Mengapa cat keramik lantai semakin sering digunakan oleh pemilik bangunan atau developer ? Seperti halnya dinding, lantai adalah area yang rentan mengalami kerusakan, kotor, dan berdebu. Konsep awal pengecatan lantai adalah agar lantai tidak cepat rusak.

Namun cat keramik lantai biasa tentu berbeda dengan epoxy lantai, apalagi untuk lantai keramik. Karena cat lantai keramik biasa umumnya tidak halus. Sementara epoxy lantai merupakan pelapis permukaan lantai untuk melindungi lantai dari benturan maupun gesekan namun dengan ketebalan tertentu (hingga 2mm), menyesuaikan kondisi permukaan lantai.

Jenis Jenis Epoxy Lantai Kamar Mandi

Saat ini ada berbagai jenis epoxy lantai. Jenis jenis epoxy tersebut memiliki material berbeda untuk kebutuhan yang berbeda pula.

Jenis-jenis epoxy untuk lantai yaitu sebagai berikut.

  1. Self Dispersing Floor Epoxy, adalah epoxy lantai terkuat karena mengandung pasir kuarsa sehingga permukaan lantai lebih tahan bila dilewati kendaraan berat, dan tidak licin bila terkena cairan.
  2. Self Leveling Floor Epoxy, adalah jenis epoxy lantai yang berfungsi untuk melapisi lantai agar lebih tahan gesekan dan goresan serta mampu mengisi celah-celah lantai yang rusak.
  3. Mortar Coating Floor Epoxy, adalah epoxy lantai dengan campuran resin epoxy, hardener dan pasir silika sehingga diaplikasikan sebagai cat epoxy terbaik untuk lantai mudah pecah atau lantai bergelombang.
  4. Anti Static Floor Epoxy, adalah jenis epoxy lantai untuk lantai yang memiliki konduktor dan listrik statis. Penggunaan tipe cat epoxy lantai ini sangat berguna untuk mencegah terjadinya kebakaran, dan biasany digunakan di pabrik dan hotel.
  5. 3D Epoxy Coating dan Epoxy Flake, adalah epoxy lantai yang memberikan kesan estetik dan tampilan visual yang menarik.

Pentingnya Daya Sebar Cat Epoxy

Pada pengaplikasian epoxy untuk lantai, ada beberapa hal yang penting diperhatikan. Salah satu yang perlu diperhitungkan adalah daya sebar epoxy.

Perlu diketahui bahwa sering terjadi kekeliruan pemahaman antara cat lantai marmer dan coating epoxy lantai marmer. Cat lantai adalah lapisan dengan material akrilik lateks, sementara coating epoxy adalah material resin dengan hardener yang dikombinasikan dengan material lain.

Perbedaan ini, terutama karena marketing, dimana meskipun cat lantai akrilik mengandung resin epoxy dalam jumlah sedikit namun produsen tetap menyebut cat epoxy lantai di pasaran.

Salah satu ciri khas coating epoxy adalah pada pengaplikasiannya. Pengaplikasian coating epoxy erat kaitannya dengan daya sebar epoxy.

Daya sebar epoxy lantai marmer kamar mandi salah satunya tergantung pada volume kandungan padatan di dalam epoxy, yang juga erat dengan ketebalan dan mudah tidaknya mengaplikasi coating float untuk lantai kamar mandi.

Bila epoxy padatan 100 % (100% solids epoxy), berarti daya sebar lebih lambat dimana hasil 100% baru didapatkan ketika epoxy di lantai kamar mandi telah mengering seluruhnya.

Selain volume kandungan padatan, daya sebar epoxy lantai dan ketebalannya juga tergantung pada volume larutan filler (pengisi) sebagai pelarutnya, contohnya air.

Bila padatan 100% dalam diaplikasi dengan roller dengan estimasi ketebalan film basah 10 mils, setelah mengering tebalnya tetap 10 mils. Namun pada epoxy dengan padatan 50 %, ketebalan lapisannya berkurang saat mengring.

Sementara produk epoxy dengan padatan lebih rendah, daya sebar epoxy lebih cepat sehingga lebih mudah diaplikasikan dalam waktu lebih singkat. Namun ketebalannya lebih tipis, dan ketahanannya juga lebih rendah.

Epoxy Lantai Terbaik

Lalu, apa cat epoxy lantai terbaik untuk kamar mandi ?

Ada banyak epoxy lantai kamar mandi, namun pilihannya tergantung kebutuhan dan budget anda. Seperti sudah diulas diatas, daya sebar cat epoxy tergantung pada volume padatan dan larutan. Semakin banyak padatan pada epoxy, ketebalannya lebih tebal, dan ketahanannya lebih kuat, dengan biayanya lebih mahal.

Namun pilihan epoxy lantai kamar mandi terbaik juga tergantung selera anda. Bila anda menginginkan epoxy lantai yang menghasilkan ketebalan lebih tipis untuk melapisi lantai namun menghasilkan tampilan visual yang lebih menarik, ada banyak epoxy lantai marmer yang bisa anda dapatkan di pasaran dengan harga lebih terjangkau.

Namun untuk mendapatkan hasil terbaik, baik dari sisi ketebalan sesuai kebutuhan untuk ketahanan lantai, maupun dari sisi selera dan estetika, anda sangat disarankan mempercayakan pengaplikasiannya pada jasa epoxy lantai berkualitas di Indonesia.

Kesimpulan

Itulah penjelasan tentang pentingnya daya sebar cat epoxy lantai kamar mandi. Dijaman sekarang, mendapatkan hunian yang berkualitas bisa dilakukan dengan berbagai trik, salah satunya dengan melakukan coating epoxy pada lantai kamar mandi anda.

Getting Info...

About the Author

Cuma orang biasa saja. Penyuka musik cadas, penikmat film berkelas.

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.