5+ Manfaat Pelatihan dan Pengembangan Bagi Perusahaan Dan Karyawan

Februari 12, 2019
UlasTopik.com - Artikel ini akan memberikan wawasan bagi anda tentang apa itu pelatihan, apa tujuan serta manfaat pelatihan, serta jenis-jenis pelatihan dan pengembangan yang bisa diikuti bagi karyawan, organisatoris, maupun ASN/PNS.

Tujuan dan manfaat pelatihan dan pengembangan sangat banyak. Oleh karena itu mengikuti pelatihan sangat dianjurkan bagi masyarakat Indonesia, terlebih Indonesia saat ini sedang membenahi segala sistem layanan masyarakat.

Pekerjaan tersebut akan berlangsung lamban bila tidak dikerjakan oleh pegawai-pegawai berkualitas dan profesional. Pelatihan dan Pengembangan seperti training, Bimtek dan Diklat adalah pendekatan terbaik untuk meningkatkan kualitas ASN dan SDM Indonesia mengingat kualitas SDM Indonesia tergolong masih rendah (kalah dari Singapura, Korea Selatan dan Jepang di kawasan Asia).

Tujuan Serta Manfaat Pelatihan dan Pengembangan

Bagi perusahaan, karyawan adalah aset. Tanpa dukungan kinerja dan kapasitas karyawan yang mumpuni mustahil target perusahaan dapat tercapai. Demikian pula dengan pegawai negeri punya target dalam menyelesaikan pekerjaan di bidangnya masing-masing tentunya harus punya kompetensi dan kapastias.

Manfaat Pelatihan Bimtek

Itulah sebabnya mengapa organisasi perusahaan maupun pemerintah perlu menggalang strategi untuk meningkatkan kualitas stafnya. Salah satu pendekatan yang bisa menjadi solusi terhadap peningkatan kualitas SDM yaitu Pelatihan.

Definisi Pelatihan Menurut Para Ahli

Bimtek dan Diklat adalah sejenis pelatihan. Ada banyak definis pelatihan/definisi Bimtek oleh para ahli, namun definsi pelatihan menurut NET-at adalah yang cukup relevan dengan keadaan sekarang.

Menurut Never Ending Transfusing - Application Training (NET-at), kegiatan pelatihan merupakan kegiatan belajar serta praktik untuk suatu tujuan baik yang dilakukan secara berulang-ulang dan berkelanjutan untuk meningkatkan kemampuan manusia, dan fitrahnya.

Dalam rangka memodifikasi kapasitas karyawan atau pegawai, kegiatan belajar dibedakan atas Pelatihan dan Pengembangan.

Pelatihan adalah Proses yang didesain untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan teknis, ataupun meningkatkan kinerja pegawai, sementar Pengembangan adalah Proses yang didesain untuk meingkatkan kemampuan konseptual, kemampuan dalam pengambilan keputusan, dan memperluas human relation.

Dalam dunia aparatur pemerintahan, kegiatan training atau pelatihan lebih sering digelar dengan istilah Bimtek (Bimbingan Teknis) dan Diklat (Pendidikan dan Pelatihan).

Bimtek atau Diklat dapat diartikan sebagai kegiatan pelatihan dengan materi-materi tertentu sesuai latar belakang profesi dalam rangka meningkatkan kinerja serta profesionalisme para ASN. Secara umum, kegiatan Bimtek dan Diklat membutuhkan sebuah ruangan tertentu, dengan materti terfokus, dibimbing oleh narasumber yang berkompeten dalam jangka waktu pelaksanaan tertentu.

Pelaksanaan Bimtek atau Diklat biasanya dilakukan secara internal oleh dinas/instansi terkait. Namun belakangan ini kegiatan tersebut tidak lagi eksklusif, karena ASN juga bisa mengikuti jadwal Bimtek dan Diklat yang diselenggarakan oleh lembaga resmi non kedinasan.

Ada sangat banyak manfaat yang diperoleh ASN ketika mengikuti Bimtek/Diklat. Oleh karenanya Bimtek dan Diklat tidak bisa diremehkan begitu saja seperti halnya anda 'cuma' mengikuti kursus tanpa mendapatkan hasil dan bahkan tidak bisa menerapkannya di lapangan.

Tujuan pelatihan sebenarnya adalah menjawab permasalahan yang dihadapi oleh individu atau sekelompok orang dalam memperoleh dan meningkatkan kemampuan-kemampuan yang diperlukan untuk melakukan suatu pekerjaan. 

Dalam suatu organisasi, pelatihan adalah salah satu upaya yang ditempuh untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi atau membantu organisasi dapat berjalan dan mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efesien.

Jenis dan tujuan pelatihan sangat beragam tergantung penyelenggaraannya. Dalam dunia perusahana atau organisasi, kegiatan training sangat penting untuk diikuti. Beberapa contoh jenis pelatihan untuk meningkatkan kapasitas karyawan yaitu :
  • Training
  • Re-training (Pelatihan Ulang)
  • Cross Functional Training (Pelatihan Lintas Bidang)
  • Team Training (Pelatihan Tim/Kelompok)
  • Creativity Training (Pelatihan Kreatifitas)
Berbeda halnya dengan jenis pelatihan Bimtek atau Diklat yang diadakan untuk ASN atau PNS lebih terfokus pada bidang kerja dalam rangka peningkatan kompetensi.

Tujuan/Manfaat Pelatihan Bagi Organisasi Menurut Para Ahli

Secara umum menurut R. Harianja, seorang blogger dan juga penulis di blog ini (UlasTopik.com) dan pernah bertugas sebagai fasilitator lapangan di beberapa program nasional yang bergerak di bidang pemberdayaan masyarakat (P2KP, PNPM, P2KKP, P2KP, KOTAKU) menyatakan tujuan pelatihan adalah "meningkatkan kapasitas, memodifikasi mindset serta menambah  paradigma untuk bisa melihat suatu masalah dari berbagai sisi, serta mendorong terjadinya perubahan dari tidak tahu menjadi tahu, dan dari tidak mampu menjadi mampu. ".

Tapi tentu saja konteks tujuan pelatihan ini mungkin berbeda baik menurut para ahli maupun menurut bidang dan pelakunya.

Dikutip dari Wikipedia, terdapat sejumlah tujuan dan manfaat pelatihan. Menurut Cut Zurnali, manfaat pelatihan yaitu :
  1. Meningkatkan pengetahuan para karyawan atas budaya dan para pesaing luar,
  2. Membantu para karyawan yang mempunyai keahlian untuk bekerja dengan teknologi baru,
  3. Membantu para karyawan untuk memahami bagaimana bekerja secara efektif dalam tim untuk menghasilkan jasa dan produk yang berkualitas,
  4. Memastikan bahwa budaya perusahaan menekankan pada inovasi, kreativitas dan pembelajaran,
  5. Menjamin keselamatan dengan memberikan cara-cara baru bagi para karyawan untuk memberikan kontribusi bagi perusahaan pada saat pekerjaan dan kepentingan mereka berubah atau pada saat keahlian mereka menjadi absolut,
  6. Mempersiapkan para karyawan untuk dapat menerima dan bekerja secara lebih efektif satu sama lainnya, terutama dengan kaum minoritas dan para wanita.

Manfaat Pelatihan dan Pengembangan Bagi Karyawan/Pegawai Negeri

Kegunaan job training bagi karyawan khususnya karyawan baru perusahaan sangat banyak. Bila perusahaan atau instansi dinas ingin punya aset yang profesional dan kompetitif maka program training dan Bimtek harus masuk dalam salah satu target list tahunan yang pelaksanaannya berkelanjutan. Berikut ini adalah tujuan job training/ manfaat pelatihan dan pengembangan bagi karyawan :
  • Menemukan potensi staf/karyawan
  • Memberi kesempatan bagi staf/karyawan mengenali standar operasional, trend dan perkembangan terbaru yang berlangsung dalam lembaga (perusahaan/pemerintah)
  • Karyawan/ASN menyadari pentingnya belajar mandiri.
  • Karyawan dapat mengendalikan diri dan mengurangi konfrontasi.
  • Staf/karyawan bisa optimal bekerja sebagai individu maupun tim (teamwork).
  • Produktivitas meningkat.
  • Staf/karyawan mengetahui apa harapan dan keinginan mereka dan harapan perusahaan.
  • Staf/karyawan memahami visi dan misi serta tujuan jangka panjang perusahaan.
  • Karyawan/staf pemerintah dapat memecahkan masalah.

Manfaat Pelatihan Bagi Organisasi/Perusahaan Serta Instansi Pemerintah

Selain memberikan manfaat bagi karyawan, manfaat pelatihan dan pengembangan juga akan dirasakan oleh perusahaan. Bila perusahaan menjadikan karyawan sebagai subjek utama dan ujung tombak, perusahaan harus mempertimbangkan peningkatan kapasitas karyawan dengan memodifikasi mindset, kepribadian, serta keterampilan sesuai dengan keadaan terkini. 

  1. Perusahaan dapat mengetahui karyawan-karyawan yang potensial dan cakap.
  2. Perusahaan akan memiliki SDM yang terampil dan fleksibel dengan perkembangan jaman maupun perkembangan teknologi.
  3. Perusahaan akan dapat meningkatkan produktivitas dan prestasinya sehingga mampu menjawab tantangan global.
  4. Perusahaan bisa lebih leluasa menerapkan penggunaan teknologi baru sesuai kebutuhan sekarang.
  5. Perusahaan dapat mempersiapkan karyawan-karyawan terbaik untuk promosi jabatan di masa depan.

Lembaga Penyelenggara Pelatihan Bimtek/Diklat/Training Terbaik Saat Ini

Pelaksanaan pelatihan training bagi perusahaan dan instansi pemerintah biasanya sudah diprogramkan sesuai master schedule. Namun pelaksanaan pelatihan Bimtek sekarang juga sudah bisa diikuti secara eksternal melalui lembaga resmi. 

Nah, buat kamu sobat milenial maupun ASN yang ingin meningkatkan kapasitas bisa mengikuti Bimtek atau Diklat di lembaga penyelenggara Bimtek.

Salah satu penyelenggara Bimtek dan Diklat terbaik saat ini yang bisa dijadikan tempat untuk menempa diri adalah Pusdiklat Pemendagri. 

Namun karena peminatnya banyak, maka kamu harus sering-sering mengupdate Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri .

Baca Juga : Manfaatkan Pelatihan Untuk Meningkatkan Minat Baca 

Kesimpulan

Pelatihan training (perusahaan) maupun Bimtek (ASN/instansi pemerintah) sangat penting untuk memodifikasi kinerja dan kemampuan staf atau karyawan dalam menyelesaikan masalah sekaligus mendorong tercapainya target. 

(Dari berbagai sumber)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »