Belajar Barista dan Wirausaha Warung Kopi Lewat Pelatihan Barista

Juni 14, 2020
Menjadi barista serta memulai usaha kedai kopi adalah profesi yang bisa ditekuni memanfaatkan besarnya peluang bisnis kopi. Namun agar menjadi barista andal, dan mumpuni mengelola bisnis kedai kopi seseorang harus punya bekal pemahaman tentang kopi yang bisa didapat melalui kursus kopi. Berbekal pengalaman dan materi belajar kopi pada pelatihan barista dan wirausaha warung kopi seorang barista bahkan bisa merintis bisnis kedai kopi sendiri.

Belajar Kopi Lewat Kursus Barista Agar Bisa Memulai Usaha Warung Kopi

pelatihan barista gratis 2020

Kopi adalah salah satu komoditi yang digemari oleh jutaan orang di seluruh dunia. Beragam jenis kopi dan produk-produk olahannya bisa dinikmati saat ini, mulai dari kopi hitam sederhana hingga kopi kemasan sachetan siap seduh.

Di Indonesia kopi adalah hidangan turun temurun. Keistimewaan kopi racikan adalah bisa dinikmati kapan saja dan dimana saja. Di rumah kopi adalah teman setia sambil nonton bola. Kopi juga bisa menjadi hidangan saat nginap di tempat eksotis kala traveling. Tak ketinggalan pula ketika ngobrol dengan rekan seprofesi dan teman komunitas di kantin kantor, warung kopi, maupun coffe shop kopi biasanya paling banyak diseruput.

Data menunjukkan Indonesia merupakan negara pengkonsumsi kopi terbesar kedua di dunia dengan oplah 4,55 juta karung kopi (berukuran 60kg) setelah Brazil. Ini dapat diartikan bahwa kopi dengan beragam produk olahannya sangat menjanjikan dari sisi bisnis. Potensi untuk terciptanya lapangan kerja baru pun sangat terbuka luas. Misalnya usaha kedai kopi.

pelatihan kopi barista dan usaha warung kopi untuk prakerja
Infografis jumlah kedai kopi di Indonesia dan peluang menjadi barista
Tercatat bahwa dalam 3 tahun jumlah kedai kopi bertambah tiga kali lipat menjadi 3000 gerai. Pertumbuhannya pun semakin meningkat menjadi 10 hingga 15 persen tahun ini. Ini berarti usaha gerai kopi dan outlet kopi masih akan mengalami perkembangan di masa mendatang.

Hanya saja kebanyakan usaha warung kopi kekinian sekelas coffee shop masih kekurangan barista, khususnya barista terampil. Buat anda peserta kartu prakerja, ataupun yang sedang mencari kerja tentunya ini adalah kesempatan buat menjajal peruntungan.

Namun agar mendapatkan income maksimal sebagai barista dan pemilik kedai kopi tentu ada banyak hal yang mesti anda pahami mengenai dunia kopi, kebaristaan, dan usaha gerai kopi yang semuanya bisa diperoleh di kursus barista dan pelatihan usaha warung kopi.

Bagaimana sih jadi barista itu ? Lalu bagaimana agar bisa buka usaha kedai kopi sendiri ?

Apa Itu Barista ?

Barista berasal dari bahasa Italia, yang berarti pelayan dan penyaji berbagai jenis minuman. Namun jangan salah persepsi, karena barista adalah posisi terhormat disana.

Ini karena barista merupakan sebuah profesi yang lebih dari sekedar membuat, meracik, dan menyajikan minuman khususnya kopi berbasis espresso dimana prosesnya membutuhkan skill mumpuni dan terkandung nilai seni didalamnya.

Apa Tugas Seorang Barista ? Dimana Barista Bekerja ?

belajar jadi barista
Memecah dan meracik kopi adalah salah satu tugas barista di coffe shop (sumber : MarketWatch)
Sejak meluasnya tanaman kopi ke berbagai penjuru dunia, khususnya Amerika Selatan, Asia, dan Australia istilah barista menjadi sangat melekat bagi peracik kopi. Inilah yang menjadi perbedaan utama bartender dan barista.

Apalagi seiring waktu produk minuman berbasis kopi bukan cuma tersedia di bar, bahkan ada tempat tersendiri bagi pecinta kopi untuk menikmati beragam olahan kopi berkelas seperti di coffee shop, coffee corner, hingga warung kopi. Di tempat-tempat itu anda bisa menyaksikan bagaimana barista bekerja.

Seorang barista umumnya bertugas antara lain yaitu :
  • Menerima order minuman sekaligus melayani pelanggannya, termasuk pula mempersiapkan dan menghidangkan pesanan makanan (bila ditempatnya menyediakan makanan).
  • Melayani pesanan via drive thru (bila di tempatnya bekerja menyediakan fasilitas tersebut).
  • Menggiling biji kopi yang tersedia dan mengolahnya menjadi seduhan kopi nikmat.
  • Meracik kopi dengan berbagai campuran yang diinginkan pelanggan seperti kopi susu, kopi latte, hingga kopi coklat.
  • Membersihkan peralatan dan perlengkapan membuat kopi.

Berapa Penghasilan Barista Pemula dan Barista Profesional ?

Berprofesi menjadi barista ternyata menjanjikan penghasilan lumayan. Seorang barista pemula yang lulusan SMA/SMK sederajat mendapatkan hingga Rp 2 jutaan per bulan.

Namun seorang barista profesional di coffe shop terkenal bisa meraup lebih dari Rp 3,9 juta per bulan (tergantung UMR daerah masing-masing dan kelas warung kopi-nya). Barista berpengelaman dengan jam terbang tinggi bahkan bisa mendapatkan antara Rp 7 juta hingga Rp 10 juta. Sangat potensial bukan ? Maka hal yang wajar bila beberapa tahun terakhir profesi barista cukup diminati.

Bagaimana Agar Menjadi Barista Profesional di Warung Kopi Terkenal ?

Agar menjadi seorang barista profesional yang pendapatannya besar layaknya barista di coffee shop terkenal maka ada berbagai hal yang harus dipertimbangkan, yaitu :
  • Punya pengetahuan tentang seluk beluk kopi.
  • Punya pengetahuan dan pengalaman meracik kopi.
  • Punya keterampilan membuat dan menyajikan berbagai racikan kopi.
  • Punya keterampilan menggunakan mesin kopi espresso.
  • Mampu mengatur waktu antara istirahat, bekerja, dan berlatih.
  • Selalu berlatih, berlatih, dan berlatih.

Dengan memiliki syarat-syarat di atas, anda berpeluang menjadi peracik kopi dengan kemampuan baik.

Tapi, apa langkah-langkah yang harus dilakukan untuk memulai menjadi barista andal ?

Anda bisa coba-coba ikut teman yang pernah atau sedang bekerja sebagai barista di coffe shop, atau melamar kerja di kedai kopi, dan ikut kursus barista untuk mendapatkan pelatihan tentang kopi.

Ya, Pelatihan Barista niscaya akan membuat anda memiliki pengetahuan dan keterampilan menjadi Barista kelas atas layaknya Joshua Tanu, Muhammad Aga, Mikael Jasin, Doddy Samsura, Yessylia Violin, hingga Ryan Wibawa yang sudah terkenal di Indonesia, bahkan di dunia.

Pelatihan barista

training untuk barista pemula dan usaha warung kopi
Di luar negeri jadi barista profesional harus ikut kursus barista dulu (sumber : Pinterest)
Di luar negeri seseorang tidak serta merta menjadi ahli meracik kopi, karena mereka mesti mengantongi sertifikat barista dan dinyatakan sudah naik level dari barista newbie atau rookie barista. Sertifikat bisa didapat ketika menyelesaikan fase-fase pelatihan melalui program training yang diadakan lembaga kursus barista.

Bahkan untuk mendapatkan pengakuan sebagai barista terbaik mereka harus sering-sering mengikuti kompetisi. Karenanya kursus barista pun sangat dibutuhkan dan terbuka luas.

Pelatihan barista adalah pelatihan yang memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang jenis-jenis serta karakter kopi, keterampilan teknik membuat dan meracik kopi, serta pemahaman tentang profesi dan tugas-tugas seorang barista. Pelatihan barista dapat diikuti melalui kursus barista dan even-even kepelatihan untuk barista yang diselenggarakan lembaga yang berkompeten.

Bila mencari info pelatihan barista di mesin pencarian Google anda akan menemukan sejumlah even training barista di luar negeri seperti barista training Edinburgh, barista training Edmonton, barista training Exeter, barista training Essex, barista training Europe, barista training Egypt, barista training Eindhoven, barista training East london, kursus barista Fulcaff, barista training for beginners, hingga training for barista at Starbucks, dan masih banyak lagi pelatihan untuk menjalani profesi barista.

Itu artinya pelatihan barista sangat dibutuhkan, sehingga even-even training untuk barista pun banyak dilaksanakan.

Wah, ternyata profesi barista itu tidak sembarangan ya...

Dimana Tempat Pelatihan Barista Pemula ?

Di Indonesia kegiatan training barista kopi juga sering diadakan. Ada banyak lembaga yang menggelar kursus barista di Indonesia. Bahkan sekolah barista di Indonesia pun sudah berdiri.

Even-even untuk belajar membuat kopi barista pemula di daerah juga sudah mulai bergairah, misalnya :
  • pelatihan barista Jogja
  • pelatihan barista Semarang
  • pelatihan barista Jakarta
  • pelatihan kopi di Solo
  • pelatihan barista Bekasi
  • kursus barista Surabaya
  • kursus barista Pekanbaru
  • kursus barista di Samarinda
  • kursus barista di Palembang
  • kursus barista Makassar
  • kursus barista Pontianak
  • kursus barista Malang
  • sekolah barista Bali
  • sekolah barista Aceh
Masih banyak lagi pelatihan barista dan kursus meracik kopi untuk pemula yang dilangsungkan di sejumlah wilayah di Indonesia.

Ikut Pelatihan Barista Gratis atau Kursus Barista Berbayar ?

Anda bisa memilih mengikuti pelatihan barista online atau langsung ke tempat kursus barista tersebut.

Selain itu anda juga bebas memilih apakah mengikuti pelatihan barista gratis atau kursus barista berbayar.

Namun bila ingin mengikuti program pelatihan barista tanpa biaya alias free, anda bisa mencoba pelatihan barista prakerja.

Apa itu pelatihan barista gratis untuk prakerja ?

Pelatihan Barista Prakerja: Pelatihan Bagi Peserta Kartu Pra Kerja Siap Jadi Barista

Pelatihan prakerja adalah salah satu kegiatan pelatihan yang diadakan pemerintah dalam mengimplementasikan program Kartu Prakerja.

Kartu Prakerja sendiri merupakan bantuan biaya untuk pengembangan kompetensi para pencari kerja, pekerja yang terkena PHK, serta yang membutuhkan peningkatan dan pengembangan kapasitas.

Misi dan sasaran program kartu prakerja ini adalah terciptanya lapangan kerja baru sekaligus mempersiapkan masyarakat Indonesia sebagai tenaga kerja terampil. Khususnya pelatihan prakerja untuk barista dan gerai kopi adalah untuk menciptakan barista andal dan terciptanya lapangan usaha baru melalui usaha gerai kopi.

Khususnya peserta pra kerja akan mendapatkan pelatihan barista gratis. Gratis disini dalam artian biaya mengikuti training dibayar oleh pemerintah.

Karena itulah banyak lembaga kursus barista jadi mitra pemerintah untuk memberikan pelatihan barista pemula.

Kursus Bisnis Warung Kopi

Warung kopi dapat diartikan sebagai sebuah organisasi esensial dalam menyediakan minuman panas, dengan produk utama berbahan kopi selain juga menyertakan minuman lainnya seperti teh, termasuk makanan ringan.

Usaha warung kopi adalah bisnis masa kini namun menguntungkan di masa mendatang. Di daerah domisili anda bisa melihat usaha warung kopi sederhana tetap berdiri di tengah berbagai krisis.

Di era sekarang pangsa pasar bisnis coffee shop tidak lagi didominasi orang tua dan kaum pekerja kantoran tapi juga anak muda milenial. Warung kopi dikelola dengan konsep kekinian. Ada yang berupa warkop nonton bareng live sepak bola, hingga coffee shop bertema live music.

Pelatihan Wirausaha Warung Kopi Dengan Modal Tipis, Dimana Tempatnya ?

Umumnya orang yang memulai kewirausahaan sering dipusingkan mengenai modal, termasuk ketika memulai bisnis warung kopi.
Berapa modal yang mesti disediakan ketika akan membuka usaha warung kopi ? Apa peralatan dan perlengkapan yang harus disiapkan ketika memulai bisnis coffee shop ? Mungkinkan bisa menghasilkan keuntungan jutaan rupiah per bulan ?
Pertanyaan-pertanyaan tersebut tentunya bikin bingung bukan ?

Namun sebenarnya anda tidak perlu berlama-lama ragu untuk menjalankan niat tersebut, karena usaha warung kopi bisa dimulai dengan modal minim. Namun tentunya anda harus punya basic atau dasar-dasar untuk memulai bisnis warung kopi, dimana bisa didapatkan melalui pelatihan wirausaha warung kopi.

Hebatnya lagi, anda bisa menjadi barista pemula sekaligus menjalani usaha kedai kopi sendiri.

Bagaimana caranya ?

Bila anda ingin memulai menjadi barista, sekaligus menjajal usaha gerai kopi, saat ini ada program pelatihan prakerja Barista dan Usaha Warung Kopi yang diusung oleh Bencoolen Coffe.

Pelatihan Usaha Warung Kopi dan Barista Siap Kerja by Bencoolen Coffee

pelatihan barista dan usaha warung kopi bencoolen coffee

Pelatihan Barista dari Bencoolen Coffe sebelumnya telah digelar untuk 1000 prakerja. Kali ini ada program Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi terbaru digelar lagi oleh Bencoolen Coffe untuk 10.000 prakerja siap jadi barista dan berwirausaha kedai kopi.

Kursus Barista dan Usaha Kedai Kopi ini adalah salah satu dari sejumlah even dan program yang digalang Bencoolen Coffe. Bencoolen Coffee sendiri merupakan organisasi yang didirikan untuk mendukung peningkatan kualitas dan kesejahteraan petani kopi khususnya petani kopi di Bengkulu. Propinsi Bengkulu merupakan produsen kopi terbesar ketiga di Indonesia, dimana turut menyumbang 70 persen dari total produksi kopi robusta di Indonesia.

Untuk mengimplementasikan visi dan misi lembaga, sekaligus menjadi mitra yang mendorong berjalannya program pemerintah, The Bencoolen Coffee mengadakan program pelatihan prakerja untuk barista pemula dan kewirausahaan warung kopi yang didukung oleh lembaga mitra berplatform digital dalam mensukseskan program kartu prakerja.

Training Barista dan Usaha Warung Kopi kali ini mengusung tajuk Barista Merdeka 10.000 Prakerja Siap Jadi Barista by Bencoolen Coffe, yang dapat diartikan sebagai upaya agar pencari kerja dan peserta kartu prakerja mampu mengelola kedai kopi kekinian, dan siap menjalani profesi baru sebagai barista yang skillfull meskipun tidak punya latar belakang sebagai peracik kopi di coffe shop.

Manfaat Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi

Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi Untuk Pemula dan Prakerja dari The Bencoolen Coffee memberikan sangat banyak manfaat dibandingkan pelatihan barista yang biasanya ditemui, antara lain yaitu :

  • Mendapatkan Wawasan Tentang Kopi

Peserta akan mendapatkan wawasan dalam mengetahui karakteristik dan jenis KOPI JUJUR, mengetahui macam jenis kopi, mampu menerapkan teknik membuat minuman berbahan kopi, serta semua hal yang wajib diketahui bila anda ingin berprofesi sebagai barista.

  • Mengetahui Kebutuhan, Tugas dan Kewajiban Barista

Selain dari segi pengetahuan tentang kopi, peserta juga akan mendapatkan pemahaman mengenai tugas seorang barista, apa kewajiban yang harus ditaati, dan apa saja kebutuhan barista saat menjalani profesinya.

  • Mendapatkan Tips dan Trik Menjadi Barista Andal dan Profesional

Pelatihan barista by Bencoolen Coffee juga akan memberikan pemahaman kepada barista sehingga menguasai membuat racikan, mengetahui aroma dan rasa kopinya.

  • Dibimbing Buka Usaha Warung Kopi Racikan Sendiri

Melalui kursus barista prakerja dan pelatihan usaha warung kopi selain peserta mendapatkan pemahaman serta skill meracik kopi beraroma sensasional, juga akan mendapatkan pelatihan wirausaha warung kopi. Bahkan anda bisa membuka usaha gerai kopi sendiri hanya dengan modal kecil namun tetap mengedepankan cita rasa dan aroma kopi berkualitas dengan penyajian terbaik.

Keuntungan Ikut Pelatihan Barista di Bencoolen Coffe

Selain mendapatkan manfaat, anda juga akan memperoleh keuntungan lainnya bila mengikuti pelatihan barista yang diadakan Bencoolen Coffee, yaitu :
  • Narasumber adalah mentor-mentor berlatar belakang barista yang berpengalaman.
  • Peserta pelatihan prakerja barista berkesempatan menjajal langsung teknik meracik kopi.
  • Peserta juga akan mempraktekkan cara meramu kopi dengan mesin ekspresso.
  • Barista pemula akan mendapatkan ilmu kewirausahaan khususnya warung kopi.
  • Para Barista akan mendapatkan bimbingan langsung menjalankan usaha gerai kopi.
  • Pastinya anda akan memperoleh sertifikat barista.
Bagaimana, multi benefit bukan ?

Bila anda berminat menjadi calon peserta pada pelatihan untuk menjadi barista andal dan pelatihan gerai kopi yang diadakan oleh The Bencoolen Coffe, berikut ini adalah sejumlah informasi penting tentang pelaksanaan program pelatihan ini.

Siapa Saja Yang Bisa Mengikuti Pelatihan Barista ?

Peserta yang dapat mengikuti kursus pelatihan menjadi barista dan wirausaha gerai kopi ini yaitu :
  • Masyarakat umum yang berminat membuka usaha kedai kopi susu kekinian dengan modal kecil.
  • Para peserta prakerja yang sudah memiliki kartu Prakerja.
  • Pemilik UMKM yang ingin mengembangkan usaha kopi.
  • Para kaum milenial.
Pastinya kegiatan pelatihan ini terbuka untuk siapa saja tanpa memandang latar belakang, selama berminat untuk pengembangan diri dan atau mendapatkan manfaat tidak langsung lainnya.

Apa Saja Syarat Agar Bisa Mengikuti Pelatihan Barista ?

Karena program pelatihan barista online maka sejumlah syarat berikut ini wajib disiapkan, yaitu :
  • Gadget (laptop atau smartphone).
  • Sudah menginstal aplikasi Zoom.
  • Punya kuota internet dan stabil.
  • Menyediakan buku dan alat tulis.
Sebagai catatan, aplikasi Zoom bisa anda instal terlebih dahulu di laptop dan smartphone.

Apa Materi Training Barista dan Usaha Warung Kopi ?

Pada Pelatihan Barista Prakerja dan Usaha Warung Kopi ini terdapat 3 paket pelatihan dengan materi yang spesifik, dimana anda bisa memilih paket sesuai minat dan kebutuhan, yaitu :
paket pelatihan barista untuk pemula dari bencoolen coffee

  • #1 Pelatihan Barista Pemula

pelatihan barista gratis 2020
Mau jadi peracik kopi ? di Bencoolen Coffe kamu akan dilatih oleh mentor-mentor barista ini (Ki-ka : Adi Hilam Susanto, Adhe Linge, Andry Priyanto)
Materi Training Barista Pemula Bencoolen Coffe antara lain agar peserta memahami berbagai jenis kopi, memahami karakteristik kopi, teknik-teknik dasar membuat kopi, dan mengupas tuntas tentang profesi dan tugas Barista.

  • #2 Pelatihan Usaha Kedai Kopi Kekinian Dengan Modal Minim

kursus meracik kopi dan usaha kedai kopi
Buka usaha warung kopi, dapatkan ilmunya di Pelatihan Barista Bencoolen Coffe (sumber : prakerja.bencoolencoffe.com)
Materi training Usaha Kedai Kopi Kekinian Modal Minim ini antara lain seputar wirausaha, pengimplementasian kewirausahaan kopi, skema wirausaha kedai kopi susu kekinian, tips pemilihan lokasi jualan kopi, serta penerapan wirausaha kopi mandiri.

  • #3 Pelatihan Outlet Warung Kopi

kursus barista terbaik di indonesia
Franchise outlet kopi, jadi barista sekaligus menjual racikan sendiri di gerai kopi kemitraan (sumber : prakerja.bencoolencoffe.com)
Paket Pelatihan Outlet Warung Kopi ini tim mentor Bencoolen Coffee akan melatih anda melakukan persiapan membuka outlet, apa saja peralatan yang dipersiapkan, cara menghitung modal kerja, meracik kopi rasa kafe dengan harga warkop, serta penerapan outlet warung kopi.

Apa Yang Didapatkan Dari Pelatihan Barista dan Usaha Kedai Kopi ?

Bila peserta mengikuti semua paket tersebut, akan mendapatkan bimbingan gratis tentang meracik kopi dan membuka outlet. Peserta juga akan mendapatkan coffee bag 100 gram sebagai bahan pembuatan kopi, tentunya selama persediaan masih ada.

Bagaimana Cara Mendaftar Pelatihan Barista dan Wirausaha Warung Kopi ?

Cara mengikuti pelatihan barista ini sangatlah mudah, yaitu dengan melakukan pendaftaran online. Tata cara mendaftarkan diri mengikuti pelatihan barista di The Bencoolen Coffee yaitu sebagai berikut :
  1. Buka halaman situs The Bencoolen Coffe, dari Google anda cukup mengetik"Pelatihan Barista Bencoolen Coffe" atau "Pelatihan Barista Prakerja Bencoolen Coffe".
  2. Anda bisa juga langsung menuju halaman melalui alamat https://bencoolencoffee.com atau https://prakerja.bencoolencoffee.com. Pada halaman yang dituju anda akan disuguhi sejumlah konten dan menu.
  3. Pada bagian atas website, klik "Paket Pelatihan". Bila anda ingin mempelajari tentang manfaat yang akan diterima, klik saja menu "Manfaat Pelatihan".
  4. Setelah mengklik menu "Paket Pelatihan" akan muncul halaman yang berisi paket-paket pelatihan.
  5. Pilih salah satu paket, misalnya "Barista Pemula". Lalu klik "Daftar".
  6. Selanjutnya isilah form-form sesuai pertanyaan.
  7. Bila sudah melengkapi form tersebut, klik "Submit". Maka registrasi anda telah selesai.
Selanjutnya tunggulah informasi yang akan anda dapatkan via email tentang status registrasi mengikuti pelatihan tersebut. Mudah bukan ?

Nah, coba kamu simak video tentang belajar siap jadi barista dan usaha warung kopi dari Bencoolen Coffee berikut ini.



Tentang Kemitraan Bencoolen Coffee

Bencoolen Coffee aka "The Bencoolen Coffee" adalah sebuah brand perusahaan yang didirikan untuk mengelola kopi berkualitas dan mengedepankan kejujuran dalam menarik peminat yang akan membeli kopi dari petani sesuai kebijakan yang diterapkan The Bencoolen Coffe.

Program The Bencoolen Coffee antara lain menjadi mitra Pemerintah dalam mensukseskan program Kartu Prakerja, misalnya mengadakan Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi.

The Bencoolen Coffe juga membantu Pemerintah meningkatkan kesejahteraan para petani, khususnya petani kopi. Dengan pengembangan dan pengelolaan kopi dari hulu ke hilir Pemerintah dapat lebih mudah mengendalikan hasil perkebunan kopi.

Kemitraan Bencoolen Franchise : Paket Outlet Kopi Susu Plus Pelatihan Barista

pelatihan barista untuk pemula dan wirausaha gerai kopi susu

Selain menjadi mitra pemerintah dalam membantu mensukseskan program prakerja dan implementasi Kartu Prakerja, Bencoolen Coffee juga merilis program kemitraan untuk pelaku usaha, kaum milenial, dan masyarakat umum yang berminat membuka usaha kedai kopi susu kekinian dengan modal terjangkau. Kedai kopi susu ini nantinya bisa dibuka dimana saja, misalnya di rumah, di kantin sekolah, dipasar, serta di berbagai tempat keramaian.

Anda bukan hanya akan mendapatkan peralatan dan perlengkapan gerai franchise saja tapi juga sudah termasuk paket pelatihan barista selama 1 minggu dan Managemen Bisnis, disertai pendampingan selama usaha baru berjalan (1 minggu).

Kemitraan Bencoolen Home : Paket Pembelian Alat Pembuatan Kopi Harga Ekonomis

pelatihan untuk barista pemula
Anda juga berkesempatan bermitra dengan Bencoolen Coffee melalui program Bencoolen Home yaitu pembelian Paket Outlet serta Paket Outlet & Booth.

So, kini tergantung anda memutuskan, apakah ingin move on dengan mengikuti Pelatihan Barista dan Wirausaha Warung Kopi, atau menunggu kesempatan bekerja di tempat lain tapi waktu anda tergerus.

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »

10 Comments

Write Comments
22.42

Pelatihan barista online apa harus ke tempat kursusnya sih ? Pls infonya dong...

avatar
22.48

Ini Pelatihan barista online atau wajib datang ke kantornya ya apa bukan ? PLs infonya dong...

avatar
22.50

Kayaknya cocok banget nih kursus baristanya, apalagi ada program franchise nya

avatar
22.54

Coba dari dulu ada program prakerja barista gratis, pasti gw udh jadi barista keren...

Asli gw ngiri sm yg di kafe Starb**** itu, eks pacar malah jadian sm baristanya njiirrr

avatar
06.05

menurut informasi yang didapat pelatihan barista ini online, dan sifatnya gratis karena bagian dari program prakerja

avatar
13.47

Sekali-sekali main ke warung kopi saya yah di bengkulu, aroma kopinya waduuuuhhhh....memang sih gak ada barista di tempat saya, tp penyajiannya oke dan lingkungannya bersih

avatar
16.50

jadi barista atau pemilik kedai kopi ? bingung....

avatar
03.21

Supaya peserta kartu prakerja bisa menjadi tenaga kerja terampil, atau jadi usahawan yang punya kemampuan mengelola usaha, memang sebaiknya mengikuti kursus kepelatihan. Misalnya kursus warung kopi dan barista ini...hidup NKRI!!! Go Barista !!!

avatar
00.55

pelatihan barista ini manfaatnya gede lho, paling gak bisa bikin kopi espresso buat di rumah hehe

avatar
01.00

Wah lengkap dan keren banget, selamat ya gan 👍

avatar