Penyebab Laptop Lemot dan Solusinya Agar Loading Laptop Cepat

Masalah laptop lemot disebabkan oleh berbagai penyebab, dapat diatasi dengan cara berikut agar loading laptop cepat lagi.
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated

Laptop lemot merupakan salah satu kendala yang sering dihadapi pelaku bisnis ketika bekerja. Agar kalian bisa tetap bekerja lancar, inilah berbagai penyebab laptop lemot dan solusinya yang wajib diketahui.

Laptop semakin tak terpisahkan dalam aktivitas harian jaman sekarang. Terutama bagi pebisnis, laptop bisnis yang biasa digunakan adalah senjata utama untuk mengelola usahanya.

Namun seringkali laptop lemot padahal masih baru beli. Tentu saja hal ini sangat merugikan. Pekerjaan menjadi terhambat, tugas pun lambat terselesaikan.

Penyebab Laptop Loading Lama

laptop lemot

Bila kalian sering mengalami laptop lemot dan not responding, jangan dibiarkan berlama-lama. Karena bila tidak segera diperbaiki, dikhawatirkan laptop yang lemot akan semakin parah kondisinya dan pada akhirnya berbagai sistem didalamnya tidak berfungsi lagi.

Ada berbagai penyebab laptop lemot. Biasanya laptop lemot dan cepat panas ditandai dengan meningkatnya suhu. Selain itu ciri-ciri laptop loading lama biasanya program di laptop berjalan sangat lambat.

Inilah hal-hal apa yang menyebabkan laptop lemot dan loadingnya lambat ketika menjalankan aplikasi.

Baca Juga: Tips Memilih Router WiFi Untuk Mempercepat Konektivitas di Laptop

Ukuran RAM Kecil

Memory RAM adalah salah satu spesifikasi yang sangat menentukan cepat lambatnya kerja multitasking laptop. Ukuran RAM yang kecil menyebabkan proses perpindahan dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya membutuhkan waktu yang sangat lama.

OS Tidak Kompatibel

Laptop lambat juga disebabkan oleh sistem pengoperasian yang tidak sesuai spesifikasinya dengan spesifikasi laptop. Contohnya saja laptop RAM 2GB menggunakan OS Windows 10 yang kapasitasnya lebih besar yang meminta spesifikasi RAM minimal 2GB, sementara banyak aplikasi lainnya yang membutuhkan memory dari RAM yang sama. Alhasil laptop lemot saat dinyalakan. Bahkan OS berkapasitas besar menyebabkan laptop lemot dan not responding.

Processor Model Lama

Processor lama turut menjadi penyumbang masalah laptop loading lambat. Processor adalah pusat segala aktivitas pemrosesan. Bila processor di laptop adalah Intel Generasi ke 5 (generasi lama), bisa diprediksikan laptop lemot saat dihidupkan dibandingkan bila menggunakan laptop processor Intel Generasi Ke-11.

Harddisk Rusak

Penyebab laptop loading lambat juga dapat disebabkan oleh hard disk yang rusak. Hard disk merupakan ruang penyimpanan data dan file dalam laptop. Setiap kali menyalakan laptop, sistem operasi juga akan membaca hard disk. Pada saat booting ini bila sistem melakukan identifikasi pada hard disk yang rusak prosesnya berjalan lambat. Itulah mengapa laptop lemot saat booting.

Ruang Penyimpanan Penuh (Usage Memory Limit)

Selain karena ruang penyimpanan rusak, tidak jarang pula ruang penyimpanan yang sudah penuh menyebabkan laptop lemot saat dihidupkan. Terutama bila pengguna akan membuka aplikasi, prosesnya semakin lama. Ini juga akan mengakibatkan laptop cepat panas dan hang.

Membuka Banyak Aplikasi

Membuka aplikasi yang banyak dalam waktu bersamaan sangat riskan dilakukan pada laptop spek, terutama pada laptop RAM 4GB ke bawah. Apalagi bil aplikasi-aplikasi berukuran besar, bisa dipastikan laptop lemot saat digunakan.

Software Bermasalah dan Malware

Masalah laptop lemot sering pula dialami pengguna karena software dan aplikasi yang dioperasikan broken. Bila menggunakan ini, dapat dipastikan loading laptop menjadi lambat dan karena terlalu lama dapat menyebabkan laptop hang.

Solusi Mengatasi Laptop Lemot Kembali Normal

Dengan kondisi-kondisi pada laptop seperti yang disebutkan diatas, maka segeralah melakukan antisipasi dan tindakan. Terlebih lagi bila kalian membeli laptop baru yang spesifikasi biasa-biasa saja.

Upgrade Memory RAM

Agar loading laptop lebih cepat dan bisa melompat dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya, sangat disarankan agar segera mengganti RAM menjadi lebih besar atau sekalian saja mengupgradenya.

Sesuaikan OS Dengan Spesifikasi Laptop

Laptop berjalan normal bila spesifikasinya memenuhi syarat minimal untuk OS yang akan digunakan. Agar pengoperasian laptop membaik, sesuaikan OS yang dibuthkan dengan spesifikasi laptop. Atau bila tetap menggunakan OS tersebut, sebaiknya upgrade spesifikasi laptop.

Ganti Ruang Penyimpanan

Ruang penyimpanan model lama seperti HDD selain lebih lambat, jaga rawan kerusakan. Apalagi saat ini sudah ada tipe penyimpanan baru seperti SSD yang processing-nya lebih cepat. Laptop pun terasa lebih ringan saat dibuka.

Gunakan Software Seperlunya

Bila tetap menggunakan laptop dengan spesifikasi rendah seperti yang sekarang kalian miliki, maka agar laptop lemot kembali lancar jangan bukan spesifikasi secara bersamaan.

Ganti atau Re-Instal Software

Ada kalanya software yang digunakan memang sudah rusak sejak pertama kali dipasang. Sangat disarankan agar segera menginstal ulang, atau melakukan update berkala sehingga laptop dapat dioperasikan lebih baik.

Nah itulah masalah laptop lemot yang sering dihadapi serta solusi cara mengatasinya. Apakah laptop kalian masih lemot ? Ganti saja laptopnya.

Getting Info...

About the Author

Cuma orang biasa saja. Penyuka musik cadas, penikmat film berkelas.

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.