3 Trik Belajar Listening Bahasa Inggris Untuk Pemula

Belajar Bahasa Inggris-Listening adalah salah satu kemampuan dasar Bahasa Inggris yang sangat penting dikuasai. Dengan kemampuan listening yang baik, sesorang dapat membedakan setiap kata, kosa kata, baik kata benda, kata sifat, hingga kata kerja.

Ada empat kemampuan dasar Bahasa Inggris yang harus dimiliki seseorang bila ingin menguasai skill Bahasa Inggris dengan fasih, yaitu reading (membaca), writing (menulis), speaking (berbicara), dan listening (mendengarkan).

Keempat skill bahasa Inggris tersebut pada dasarnya bermuara pada kemampuan mengartikan kosa kata dan kalimat yang dilontarkan oleh orang lain. Caranya yaitu dengan mendengarkan, atau listening.

Hal utama yang perlu dipahami adalah pelafalan (pronounciation). Dalam bahasa Inggris terdapat sejumlah kata yang memiliki arti dan maksud berbeda tapi diucapkan dengan pelafalan yang hampir sama bahkan serupa.

Cara Belajar Listening Bahasa Inggris Yang Simpel

listening bahasa inggris
Belajar Listening Dalam Bahasa Inggris

Beberapa contoh kata Bahasa Inggris yang memiliki pelafalan yang mirip namun berbeda artinya antara lain yaitu :

  1. resource dan research
  2. to, too, dan two (dibaca 'tu')
  3. than dan then (dibaca 'den')
  4. break dan brake (dibaca 'breik')
  5. weak dan week (dibaca 'wik')
  6. peace dan piece (dibaca 'pis')
  7. made dan maid (dibaca 'meid')
  8. buy dan by (dibaca 'bai')

Selain pengucapan untuk kata, dalam listening juga sesorang harus mengerti maksud dari kalimat dan pernyataan yang disampaikan. Contohnya yaitu "may i have this one for my team ?" dan "may i have this to help my team ?". Pernyataan pertama memiliki banyak pengartian, bisa diartikan "oleh-oleh untuk tim saya" atau "agar anggota tim saya bisa mengoleksi", tergantung pada topik dan benda yang dibicarakan dan tujuannya. Sementara pada pernyataan kedua sudah jelas adalah "untuk membantu tim saya".

Bagaimana cara belajar listening bahasa Inggris yang efektif agar cepat memahami konteks kalimat yang disampaikan orang lain saat melakukan percakapan ?

Berikut ini adalah beberapa metode belajar Bahasa Inggris yang mudah dilakukan.

Belajar Listening Lewat Kelas Bahasa Inggris

Untuk mengasah kemampuan listening, seseorang dapat melakukan beberapa metode. Misalnya dengan mengikuti kelas Listening Bahasa Inggris atau kursus private. Ada beragam keuntungan bila mengikuti kelas bahasa Inggris, salah satunya yaitu mendapatkan sertifikat atau piagam yang banyak gunanya. Terutama untuk melamar pekerjaan, atau peningkatan karir.

Belajar Listening di Kelas Bahasa Inggris juga bisa membantu menambah relasi, bahkan menambah pertemanan.

Belajar Listening Dengan Menonton Film Barat

Metode berikutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menonton film-film berbahasa Inggris. Menonton film keluaran Hollywood ataupun Eropa sangat membantu seseorang memahami apa yang mereka ucapkan. Asyiknya lagi, kita dapat membandingkan suara, kata, dan bentuk mulut si pemeran film ketika mengucapkannya.

Lewat movie barat kita juga bisa mendapatkan khasanah baru pelafalan bahasa Inggris UK, bahasa Inggris US, bahasa Inggris Australia, maupun dialek berbahasa Inggris dari aktor dan aktris dari negara non Eropa, non US, non Australia. Contohnya seperti Jackie Chan, Irrfan Khan, dan Iko Uwais.

Mendengarkan Musik Dan Lagu Bahasa Inggris

Metode belajar Listening bahasa Inggris yang cukup mudah dilakukan adalah dengan mendengarkan musk dan lagu berbahasa Inggris.

Ada sejumlah keuntungan mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris. Selain lebih fleksibel dari sisi waktu, perangkat yang digunakan juga beragam. Orang bisa melakukannya melalui aplikasi di smartphone, laptop, hingga televisi.

Itulah strategi belajar Listening bahasa Inggris yang simpel dilakukan agar seseorang mudah mengerti dengan cepat arti kosa kata dan kalimat yang dipercakapkan.