6 Penyebab Pentingnya Belajar Bahasa Inggris Saat Ini

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang digunakan lebih dari 400 juta orang di dunia. Kini Bahasa Inggris digunakan di hampir seluruh aspek kehidupan. Mulai dari lingkungan pendidikan, kantor, hingga ketika melakukan traveling.


Alasan Pentingnya Bahasa Inggris di Era Globalisasi

alasan belajar bahasa inggris

Belajar Bahasa Inggris sekarang ini bukanlah demi mendapatkan nilai tinggi atau peringkat terbaik di sekolah. Tapi belajar Inggris juga sebagai modal untuk menghadapi berbagai tantangan di era globalisasi.

Lalu, mengapa Bahasa Inggris harus dipelajari ?

Inilah berbagai alasan belajar Bahasa Inggris penting.

1. Adanya Perdagangan Bebas

Bahasa Inggris menjadi sangat penting karena Indonesia merupakan salah satu negara yang turut menyepakati adanya AFTA, yang diwujudkan dengan terbentuknya forum MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) untuk memberlakukan dimulainya perdagangan bebas di Asia Tenggara. Tujuan dari perdagangan bebas ini adalah untuk mendorong meningkatnya daya saing di berbagai sektor produksi dan sekaligus menjadikan Asia Tenggara sebagai kawasan pasar tunggal.

Adanya perdagangan bebas ini akan membuka keran bagi semua tenaga kerja asing untuk bekerja di Indonesia. Dengan bahasa yang berbeda-beda maka bahasa formal yang digunakan adalah Bahasa Inggris, sehingga mau tidak mau masyarakat Indonesia harus membiasakan diri berbahasa Inggris menghadapi situasi global ini.

2. Ekspansi dan Investasi Perusahaan Asing di Indonesia

Selain pekerja asing, Indonesia juga ketiban ekspansi bisnis dari perusahaan-perusahan global. Sebut saja sejumlah hotel elite bintang 5 milik perusahaan luar negeri, atau contohnya Google. Disatu sisi ini adalah rejeki buat warga Indonesia, tapi disisi lain juga menjadi tantangan, terlebih apabila perusahaan menerapkan aturan bahasa formal yang digunakan di dalam kantor adalah Bahasa Inggris. Bila tidak belajar Bahasa Inggris pastinya karyawan akan bingung, bukan ?

3. Pentingnya Bahasa Inggris Dalam Persaingan Kerja

Kompetisi di sektor lapangan kerja yang semakin tinggi adalah salah satu alasan mengikuti kursus bahasa inggris.

Bagi para pencari kerja, belajar bahasa Inggris sangat penting karena hampir seluruh perusahaan mensyaratkan sertifikat Kursus Bahasa Inggris ketika membuka lowongan pekerjaan. Untuk yang pernah mengikuti kursus bahasa Inggris bersertifikat tentunya ini tidaklah masalah. Tapi yang tidak punya sertifikat pastilah sudah tereliminasi saat proses seleksi administrasi.

Les bahasa Inggris untuk karyawan juga menjadi modal saat telah bekerja, terutama ketika memaparkan rencana kerja di rapat internal bersama jajaran direksi, membuat laporan, melakukan presentaasi proyek kepada klien, bahkan berkomunikasi dengan para klien di luar meeting formal. Bagi yang sudah mahir cuap-cuap dalam English conversation hal ini tidak masalah, bahkan karirmu bisa meningkat karena punya skill berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

4. Untuk Bepergian Atau Mendapat Kunjungan

Sering kali terjadi orang Indonesia tersesat saat bepergian ke luar negeri. Entah itu untuk urusan pekerjaan, maupun untuk sekedar jalan-jalan. Meskipun sudah menggunakan aplikasi traveling tetap saja berbahasa adalah cara terbaik untuk mendapatkan informasi utamanya ketika bertanya kepada penduduk setempat atau sopir taxi, misalnya "where is the airport and how to get there ?".

Bahasa Inggris juga sangat penting dikuasai oleh masyarakat kota yang menjadi destinasi kunjungan wisata para turis lua negeri. Selain bisa membantu para turis, modal bahasa Inggris juga bisa menjadi sumber pendapatan misalnya sebagai tourist guide atau membuka usaha traveling.

5. Konten dan Informasi Berbahasa Inggris

Informasi kini sangat dibutuhkan semua orang di dunia. Konten-konten berupa text, audio, dan video sangat mudah didapatkan. Permasalahannya adalah konten-konten tersebut umumnya berbahasa Inggris. Bagi orang awam pastilah akan bingung mengartikan informasi yang didapatinya pada konten tersebut. Itu sebabnya kenapa belajar bahasa inggris itu penting.

6. Aplikasi dan Software Digital Umumnya Berbahasa Inggris

Hal terakhir yang jadi alasan apa pentingnya belajar bahasa inggris yaitu aplikasi dan software umumnya menggunakan bahasa Inggris. Ada ribuan aplikasi di smartphone dan software untuk komputer. Misalnya software video editing. Bagi content creator maupun editor belajar bahasa Inggris sangat penting untuk mempermudah memahami tools dan istruksi pengoperasian software tersebut.

Faktanya, berdasarkan survey yang dilakukan EF English First kepada sejumlah responden yang berasal dari 100 negara di dunia yang bahasa sehari-harinya bukan bahasa Inggris diketahui bahwa Indonesia berada di peringkat 62. Ini menunjukkan kemampuan Inggris orang Indonesia masih rendah.

Dengan berbagai alasan di atas, sangatlah tepat bila sedari dini mengikuti les bahasa Inggris. Tentu saja belajar bahasa Inggris di lembaga bahasa Inggris profesional di tempat kursus bahasa terdekat di kotamu. Misalnya mnegikuti kelas EF Adults di English First.

Itulah penyebab mengapa belajar bahasa Inggris itu sangat penting. Selamat menguasai bahasa Inggris.