Semua Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Bisnis

Agustus 05, 2018
Apakah sobat ingin mencari uang lewat berbisnis ? Kira-kira bisnis apa yang ingin sobat jalani ? What ? Belum tahu ? Wah, kalau gitu sobat mesti pahami dulu dong apa itu bisnis, dan macam-macam bisnis yang bisa dijalani supaya menjadi sumber penghasilan.


definisi bisnis serta manfaat bisnis


Definisi, Fungsi, Manfaat, Dan Tujuan Bisnis

Sebelum sobat menekuni sebuah bidang yang benar-benar memberikan keuntungan dan sesuai untuk sobat, kamu mesti mengerti dulu tentang apa sebenarnya bisnis itu. Jangan asal berbisnis saja, karena sudah banyak yang mencoba bisnis karena "ngebet' mau untung gede tapi sebenarnya malah merugi.

Bisnis merupakan salah satu aktivitas penopang utama berputarnya roda ekonomi di sebuah negara. Aktivitas bisnis bukan sekedar jual beli barang saja, tapi juga jasa. Ada banyak aktivitas yang termasuk dalam kegiatan ekonomi, namun tidak semuanya termasuk dalam kategori bisnis.

Secara umum, pengertian bisnis adalah usaha menjual barang atau jasa yang dilakukan orang perorang, sekelompok orang, atau organisasi kepada konsumen yang bertujuan mendapatkan keuntungan/laba (profit).

Sudah jelas, ketika kamu melakukan bisnis maka yang terpatri didalam benak kita adalah profit (keuntungan). Kalau tujuannya untuk merugi, itu bukan bisnis namanya sob, tapi buang-buang duit.

Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli

Busines sendiri berasal dari kata "busy" dalam bahasa Inggris, yang berarti sibuk. baik dalam konteks individu, kelompok/komunitas, dan masyarakat secara umum. Secara sederhana, bisnis bisa diartikan sebagai sebuah aktivitas yang menyibukkan diri untuk memperoleh laba.

Tapi jelas, bisnis tidak sesederhana itu. Beberapa ahli mengartikan bisnis dari berbagai aspek, meskipun tujuannya tetap sama yaitu mendapatkan keuntungan. 

1. Pengertian Bisnis Menurut Brown dan Petrello (1976)

“Business is an institution which produces goods and service demanded by people.” 

Artinya  bisnis ialah suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Apabila kebutuhan masyarakat meningkat, maka lembaga bisnis pun akan meningkat pula perkembangannya untuk memenuhi kebutuhan tersebut, sambil memperoleh laba.

2. Definisi Bisnis Menurut Steinford ( 1979)

Steinford mendefinisikan bisnis dari sisi kelembagaan, serta dari aspek aktivitasnya.
Menurut Steinford, "Business is an institution which produces goods and services demanded by people.” 
Artinya bisnis ialah suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Apabila kebutuhan masyarakat meningkat, maka lembaga bisnis pun akan meningkat pula perkembangannya untuk memenuhi kebutuhan tersebut, sambil memperoleh laba.
“Business is all those activities involved in providing the goods and services needed or desired by people.” 
Bisnis merupakan aktifitas yang menyediakan barang atau jasa yang diperlukan atau diinginkan oleh konsumen.  Dapat dilakukan oleh organisasi perusahaan yang memiliki badan hukum, perusahaan yang memiliki badan usaha, maupun perorangan yang tidak memiliki badan hukum maupun badan usaha seperti pedagang kaki lima, warung yang tidak memiliki Surat Izin Tempat Usaha (SITU)  dan Surat Izin Tempat Usaha (SIUP) serta usaha informal lainnya.

3. Apa Itu Bisnis Menurut Griffin dan Ebert (1996)

Griffin dan Ebert juga mendefenisikan bisnis sebagai sebuah organisasi, serta sebagai aktivitas.
“Business is an organization that provides goods or services in order to earn provit.” 
Sejalan dengan defenisi tersebut, aktifitas bisnis melalui penyediaan barang dan jasa bertujuan untuk menghasilkan prifit atau (laba). Suatu perusahaan dikatakan menghasilkan  laba apabila total penerimaan pada suatu periode (Total Revenues) lebih besar dari total biaya (Total Costs) pada periode yang sama. Laba merupakan daya tarik utama untuk melakukan kegiatan bisnis, sehingga melalui laba pelaku bisnis dapat mengembangkan skala usahanya untuk meningkatkan laba yang lebih besar.
“Business is all those activities involved in providing the goods and services needed or desired by people”. 
Dalam pengertian ini bisnis sebagai aktifitas yang menyediakan barang atau jasa yang diperlukan atau diinginkan oleh konsumen. Dapat dilakukan oleh organisasi perusahaan yang memilki badan hukum, perusahaan yang memiliki badan usaha, maupun perorangan yang tidak memilki badan hukum maupun badan usaha seperti pedagang kaki lima, warung yang tidak memiliki Surat Izin Tempat Usaha (SITU) dan Surat Izin Tempat Usaha (SIUP) serta usaha informal lainnya.

4. Pemahaman Bisnis Menurut Allan Afuah (2004)

Menurut Allan Afuah, bisnis adalah :
“Business is the organized effort of individuals to produce and sell for a provit, the goods and services that satisfy societies needs. The general term business refer to all such efforts within a society or within an industry.
Maksudnya Bisnis ialah suatu kegiatan usaha individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan ada dalam industri. Orang yang mengusahakan uang dan waktunya dengan menanggung resiko dalam menjalankan kegiatan bisnis disebut Entrepreneur.

5. Apa Itu Bisnis Menurut Boone & Kurtz (2002)

Teori bisnis menurut Boone & Kurtz cukup punya tempat di kalangan para pebisnis maupun konsultan bisnis di era milenium.

Bisnis menurut Boone & Kurtz adalah seluruh aktivitas yg bertujuan buat mencari laba & perusahaan yg menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan sang sebuah sistem ekonomi. Sebagian bisnis menghasilkan barang misalnya mobil, chip komputer, sereal buat makan pagi. Sebagian lainnya memproduksi jasa seperti asuransi, hotel, salon, penginapan, konser musik.

Nah, itulah beberapa teori dan definisi mengenai bisnis yang perlu dipahami. Lalu, kenapa orang berbisnis ? Pada paragraf awal artikel ini telah disinggung sedikit bahwa berbisnis adalah aktivitas menghasilkan uang. Tapi apakah cuma sebatas itu saja ? Ternyata tidak.

Baca Juga : Tujuan Dan Manfaat Pelatihan Bimtek Keuangan

Bisnis bukan cuma melibatkan organisasi, tapi juga aktivitas dan perilaku para pelaku di dalamnya, serta upaya-upaya yang dilakukan untuk menghasilkan profit.

Fungsi Bisnis Dalam Perputaran Roda Ekonomi

  • Fungsi Manajemen, yaitu cara bagaimana karyawan & sumber lain misalnya mesin dipakai perusahaan.
  • Fungsi Pemasaran, yaitu cara bagaimana produk (jasa) dikembangkan, dipengaruhi harganya, disebarkan, dan dipromosikan dalam pelanggan.
  • Fungsi Keuangan, yaitu cara bagaimana perusahaan memperoleh dan memakai dana buat menjalankan bisnisnya.
  • Fungsi Akuntansi, yaitu kompendium dan analisis syarat keuangan perusahaan & dipakai untuk menciptakan aneka macam macam keputusan sistem fakta termasuk warga , teknologi keterangan, mekanisme buat memberi keterangan yang sesuai buat karyawan perusahaan sebagai akibatnya sanggup menciptakan keputusan bisnis.
  • Fungsi Sistem kabar, yaitu perusahaan menggunakan sistem keterangan untuk selalu memperbarui dan menganalisis sistem berita tentang operasinya. Hasil fakta bisa dipakai manajer perusahaan buat menciptakan keputusan usaha.

Tujuan Bisnis

Sebagai sebuah aktivitas usaha, dalam menopang berjalannya perputaran ekonomi orang punya tujuan masing-masing dalam berbisnis.

Nah, tujuan bisnis sendiri dikelompokkan atas dua sisi, yaitu dari sisi pemilik bisnis, dan dari sisi usaha itu sendiri.

Tujuan Bisnis dari Sisi Pemilik Bisnis
Dari sisi pemilik usaha, ada banyak tujuan yang ingin dicapai. Ada yang bersifat prioritas, ada pula yang sekedar sampingan. Ada juga yang tujuannya bukan untuk mencari keuntungan (relatif). Secara umum, tujuan bisnis yang ingin dicapai oleh pemilik usaha yaitu :
  • Memenuhi kebutuhannya sehari-hari.
  • Mensejahterakan keluarganya
  • Memiliki usaha sendiri sehingga tidak tergantung pada orang lain.
  • Mendapatkan simpati dan Ingin namanya dikenal banyak orang.
  • Memanfaatkan waktu luang.
  • Investasi untuk kelangsungan keluarga yang bisa diwariskan.
  • Menjalankan lembaga/komunitas agar lembaga punya perputaran uang sendiri.

Tujuan Bisnis Dari Sisi Aktivitas Usaha Itu Sendiri
Dari aspek aktivitas bisnis, tujuan usaha yaitu antara lain :
  • Untuk Keuntungan atau Profit.
  • Untuk Penyediaan barang atau jasa.
  • Untuk Kesejahteraan pemilik faktor produksi & warga.
  • Full employment, yaitu keadaan dimana seluruh faktor produksi sudah digunakan secara efisien dan keadaan.
  • Untuk mengurangi tingkat pengangguran dan mendorong perekonomian menuju kesejahteraan (ditandai dengan tingkat pengangguran yg hanya ≤ 4%.).
  • Untuk keberadaan perusahaan dalam jangka panjang.
  • Prestise dan prestasi.

Lalu, sobat ingin berbisnis apa ? Soalnya banyak sekali jenis dan macam bisnis yang bisa menghasilkan profit. Usaha dan bisnis sendiri bisa dikelompokkan macam dan jenisnya.

Baca Juga : Info Bimtek Keuangan Pusdiklat Pemendagri

Macam dan Jenis Bisnis (Klasifikasi Bisnis) dan Contohnya

  • Bisnis Manufaktur, yaitu merupakan bisnis yang memproduksi barang yang berasal dari bahan mentah atau komponen-komponen, kemudian dijual untuk mendapatkan keuntungan. Contohnya seperti perusahaan yang memproduksi barang fisik seperti pipa atau mobil.
  • Usaha jasa, adalah bisnis yang menghasilkan barang intangible dan mendapatkan keuntungan dengan cara meminta bayaran atas jasa yang telah diberikan. Contohnya jasa loundry. 
  • Pengecer atau distributor merupakan pihak yang berperan sebagai perantara antara produsen dan konsumen. Misalnya usaha oli, usaha minyak manis dsb.
  • Bisnis pertambangan dan pertanian merupakan perusahaan yang memproduksi barang-barang mentah seperti tanaman atau mineral.
  • Bisnis keuangan, yaitu bisnis yang mendapatkan keuntungan dari investasi dan pengelolaan modal. Misalnya jasa pinjaman uang, usaha leasing. 
  • Bisnis Informasi, adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dari penjualan kembali properti intelektual.
  • Bisnis di bidang Utilitas, adalah sebuah jenis usaha yang menjalankan layanan publik, seperti listrik dan air yang biasa didanai oleh pemerintah.
  • Bisnis real estate yaitu bisnis yang mendapatkan keuntungan dengan menjual, menyewakan dan pengembangan properti, rumah atau bangunan.
  • Bisnis Transportasi adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dengan cara mengantarkan barang atau individu dari sebuah lokasi ke lokasi tujuan. Misalnya usaha travel, dan usaha Jasa Pengiriman.
  • Bisnis Online yaitu bisnis yang dilakukan secara onlinem dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.
Nah, itulah pengertian bisnis, fungsi dan tujuan usaha, serta klasifikasi bisnis yang bisa sobat pilih untuk dilakukan. Tentu saja untuk mencapai profit yang diinginkan, sobat mesti cukup andal untuk mengelola bisnis sobat sendiri.

Share this

Related Posts

First