Panduan Belajar Investasi Saham Online Gratis Untuk Pemula

Belajar Saham - Ingin berinvestasi saham tapi belum berpengalaman dalam dunia investasi ? Tenang, kalian bisa mempelajari modul belajar saham dari nol untuk pemula di aplikasi belajar saham atau mempelajari modul belajar saham yang bisa diunduh di internet.

Panduan Belajar Saham Untuk Pemula

belajar saham
Belajar investasi saham (ilustrasi : Bang Oben-Ulastopik.com)

Berinvestasi saat ini menjadi salah satu pilihan bijak dan preventif agar dapat memiliki aset kala aset tersebut semakin mahal di masa depan. Namun beberapa waktu lalu Indonesia digonjang-ganjing pemberitaan investasi bodong.

Topik investasi bodong yang hampir setiap hari memenuhi media pemberitaan elektronik dan media sosial menjadi salah satu bukti bahwa literasi investor saham masih rendah. Karena itu sebelum benar-benar terjun bermain saham maka pemula sangat disarankan untuk belajar tentang apa itu saham dan cara berinvestasi saham yang baik.

Mengapa Harus Belajar Saham ?

Dunia saham memang sangat menarik. Terlepas dari berbagai sudut pandang dan cara berinvestasi maupun berdagang saham, bila diseriusi akan memberikan profit sesuai yang direncanakan.

Ada berbagai alasan dan manfaat mengapa saham menjadi salah satu instrumen investasi yang potensial saat ini.

  1. Melawan Inflasi. Menurut Badan Pusat Statistik, pada Juni 2022 terjadi inflasi sebesar 0,61 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 111,09. Dari 90 kota IHK, 85 kota mengalami inflasi dan 5 kota mengalami deflasi. Inflasi terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya sebagian besar indeks kelompok pengeluaran. Salah satu strategi agar inflasi dapat ditekan adalah dengan investasi saham, dan karena itu Bursa Efek Indonesia (BEI) mengajak masyarakat Indonesia untuk mulai berinvestasi di pasar modal melalui kampanye Yuk Nabung Saham (YNS).
  2. investasi saham
    Infografis investasi dan perdagangan saham di pasar modal (ilustrasi : Bang Oben - Ulastopik.com, sumber : situs OJK)
  3. Investasi dan Perdagangan Saham di Indonesia Bertumbuh. Dari situs Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada Siaran Pers PASAR MODAL INDONESIA MENGUAT DORONG PEMULIHAN EKONOMI saat Penutupan Perdagangan Bursa Efek Indonesia 2021, hingga akhir Desember 2021 aktivitas perdagangan saham mengalami pertumbuhan positif dimana IHSG berada di level 6.600,68 atau meningkat 10,40 persen secara year to date (Ytd), dan kapitalisasi pasar saham mencapai Rp8.275 triliun atau meningkat 18,72 persen secara Ytd.
  4. Iklim Investasi dan Perdagangan Saham di Pasar Modal Yang Kondusif. Salah satu penyebab mengapa pasar modal Indonesia mengalami pertumbuhan adalah meningkatnya jumlah investor baru yang mencapai 7,48 juta (92,70 %) dibandingkan tahun 2020 (3,88 juta). Menurut KSEI, peningkatan jumlah investor ini didominasi oleh investor domestik berusia di bawah 30 tahun yang mencapai sekitar 59,98 % dari total Investor.
  5. Investasi Saham Bersifat Likuid dan Transparan. Instrumen saham mudah dicairkan dan cepat terjual. Jadi saat seseorang membutuhkan dana secara mendadak dapat mengandalkan investasi saham ini segera dicairkan. Selain itu investor juga bisa melihat dengan jelas harga permintaan dan penawaran serta jumlah slot yang diminta maupun ditawarkan oleh masing-masing perusahaan karena Lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mewajibkan perusahaan yang sudah go public atau menawarkan sahamnya ke masyarakat umum harus bersifat terbuka alias transparan.
  6. Saham Dapat Menjadi Investasi Jangka Panjang Yang Profitable. Selain tanah yang harganya meroket setiap tahun, saham pun bisa menjadi investasi untuk waktu yang lama. Dengan memilih saham yang cukup banyak dipengaruhi inflasi, investor dapat memprediksikan kemungkinan perkembangan nilai saham yang dimilikinya.
  7. Saham Bisa Dibeli Sesuai Keinginan. Saham-saham yang diterbitkan oleh berbagai perusahaan memungkinkan semua orang bisa memiliki sesuai keinginan, tentu saja saham tersebut legal dan diawasi oleh OJK.

Namun harus diakui bermain saham online membutuhkan pemahaman dasar tentang saham itu sendiri serta teman diskusi yang punya pemahaman yang bagus sehingga bisa membantu kita menganalisa dan mengambil keputusan.

Tanpa memahami apa itu saham seseorang akan dengan mudah terjerat promosi profit besar dalam waktu singkat. Nyatanya menurut OJK (Otoritas Jasa Keuangan) berbagai kasus investasi bodong yang muncul belakangan ini salah satunya yaitu karena kurangnya literasi investor pemula mengenai investasi.

Lalu bagaimana bila seorang pemula belum berpengalaman berinvestasi namun ingin bermain saham ?

Panduan Belajar Saham Untuk Pemula

belajar saham
Cara belajar saham untuk pemula (ilustrasi : berbagai sumber)

Belajar saham sangat penting bagi pemula, karena bila tidak memahami seluk beluk didalamnya semua modal yang diinvestasikan akan berujung kesia-siaan. Karena itu belajar saham untuk pemula sangat disarankan agar tidak terburu-buru membeli saham dan bisa menyusun strategi mengelola finansialnya secara efektif dan efisien.

Mempelajari Jenis Jenis Saham

Saham adalah bukti kepemilikan sebagian aset perusahaan yang menerbitkan sertifikat surat berharga sebagai bukti atas kepemilikan aset tersebut.

Jenis saham yaitu saham biasa dan saham preferen. Apa itu saham biasa dan apa itu saham perferen ? Inilah yang wajib dipahami seorang pemula sebelum memulai bermain saham.

Belajar Dasar Dasar Saham

Belajar saham bagi pemula dimulai dengan mempelajari data keuangan perusahaan. Di pasar efek banyak sekali saham yang diterbitkan oleh perusahaan pemilik aset. Pada tahap ini seringkali investor pemula tidak mengetahui seluk beluk keuangan perusahaan yang menerbitkan surat berharga tersebut.

Karena itu, sebelum memulai berinvestasi dan memiliki kepemilikan aset dari perusahaan emiten, kalian sangat disarankan untuk melakukan hal-hal berikut ini.

Mempelajari Data Laporan Keuangan Perusahaan Emiten

Lihat dan analisis data keuangan perusahaan yang sahamnya dimiliki sesuai periode keuangan, apakah per kuartal (Quarterly), atau tahunan (Annual), maupun 12 bulan terakhir (TTM) dan per tahun (Year-To-Date). Selain itu perlu diperhatikan pula satuan uang yang dilaporkan, apakah US Dollar atau IDR.

Mempelajari Pertumbuhan Perusahaan

Berikutnya yang semestinya dilakukan adalah mengetahui seperti apa pertumbuhan dan perkembangan perusahaan. Pertumbuhan pendapatan dan laba bersih perusahaan pada setiap periode waktu akan menumbuhkan kepercayaan diri untuk memilih saham yang diinginkan.

Mempelajari Tren & Rasio Keuangan Serta Margin Profit

Selain itu, investor juga disarankan untuk mengetahui serta menganalisa grafik pendapatan dan raba lugi perusahaan setiap periode sehingga diketahui tren dan rasio-nya setiap periode, apakah keuntungannya berrupa Net Profit Margin atau Gross Profit Margin.

Mempelajari Valuasi Nilai Perusahaan Emiten

Hal penting lainnya yang seharusnya diketahui adalah nilai valuasi perusahaan emiten (perusahaan yang menerbitkan efek di pasar efek) seperti rasio Price Earning (PE), Price to Book Value (PBV) ratio, maupun Earning Yield.

Memplajari Rasio dan Level Hutang

Salah satu faktor yang mempengaruhi minat dari peminat efek (saham) adalah rasio dan level hutang yang dimiliki perusahaan emiten. Dengan mengetahui rasio-rasio Solvency seperti Current ratio, Debt to Equity ratio, Interest Coverage calon investor dapat memutuskan apakah membeli saham dari perusahaan emiten tersebut di pasar modal, atau tetap mempertahankannya.

Mempelajari Apa Itu Dividen

Dividen perusahaan turut menentukan kondisi perusahaan serta nilai sahamnya. Dengan mengetahui berapa jumlah dividend per share yang dibagikan, berapa payout ratio dan berapa besar dividend yield dari perusahaan emiten tersebut akan memberikan dampak positif di pasar modal.

Mempelajari Apa Itu Indeks Saham

Indeks pasar saham merupakan ukuran statistik mulai dari pendaftaran saham, sampai perubahan gerak harga suatu saham dan statistik yang memberikan gambaran harga komposit dari komponennya. Indeks ini digunakan untuk mengetahui karakteristik dari komponen saham.

Berdasarkan karakteristik likuiditas, performa saham, dan fundamentalitas perusahaannya index saham yang aman untuk trader saham pemula adalah saham yang tergabung dalam index saham LQ45 dan IDX30. Kedua index saham yang dikeluarkan oleh Bursa Efek Indonesia tersebut memiliki likuiditas tinggi dan fundamentalitas perusahaannya dinilai baik.

Mengetahui Harga Saham

Meskipun dividen turut mempengaruhi nilai saham, ada metode untuk mengetahui murah atau mahalnya harga saham perusahaan emiten tersebut di pasar efek yaitu dengan PE Standard Deviation Band, histori PBV Standard Deviation Band, dan melihat langsung harga saham dengan PE Price Band.

Mencari Saham Sesuai Kriteria

Warren Buffett, Peter Lynch, Piotroski adalah "guru investasi" kenamaan di dunia. Ada banyak suhu investasi terkenal di dunia. Saham terbaik adalah yang memenuhi kriteria dari nama-nama tersebut. Selain itu saham yang akan dimiliki juga dapat diukur nilainya melalui Screener. Metode lain memilih saham adalah dengan mebandingkan rasio-rasio keuangan perusahaan emiten seperti yang disebutkan tadi.

Memilih Berinvestasi Atau Menjadi Trader Saham

Seringkali seorang pemula bingung memposisikan dirinya apakah sebagai investor atau trader saham. Inipula yang menyebabkan pemain saham pemula sering merugi, karena dia berinvestasi sekaligus berdagang saham tanpa memahami kedua posisi tersebut.

Bila kalian memilih menjadi investor, maka profit yang diharapkan bukan pada saat memulai berinvestasi karena profit tersebut akan diperoleh pada waktu tertentu. Misalnya per tri wulan, atau per tahun.

Sementara bila ingin mendapatkan profit dengan cepat maka pilihlah menjadi trader, karena keuntungannya bisa didapat melalui selisih harga saham yang diperdagangkan setiap waktu (jangka pendek).

Belajar Jual Beli Saham

aplikasi belajar saham
Stockbit dilengkapi berbagai tools profesional seperti Chartbit

Selain belajar investasi kalian juga bisa mempelajari tentang trading bila ingin mendapatkan profit jangka pendek. Beberapa hal yang mesti dipahami bila ingin melakukan jual beli saham antara lain yaitu :

  1. Charting. Fitur aplikasi trading saham online ini akan membuat investor atau trader pemula bisa memonitor harga saham melalui platform charting kelas professional yang tersedia.
  2. Screener. Lewat fitur screener akan dengan mudah menelusuri saham-saham yang layak di investasikan.
  3. Data Perusahaan dan Laporan Keuangan. Pengguna pemula akan mudah mengetahui profil perusahaan dan saham yang diterbitkannya agar bisa menentukan saham terbaik dan aman sesuai kriterianya.
  4. Price Earning (PE) Standard Deviation Band. Fitur ini akan memudahkan pemula mengetahui dengan cepat valuasi saham apakah sedang mahal atau murah.
  5. Virtual Trading. Dengan tool ini pengguna dapat melakukan simulasi mengelola strategi finansial sebelum benar-benar melakukan trading secara real time.

Agar lebih mudah memahami, sangat disarankan pula untuk melakukan simulasi trading di tool virtual trading. Untuk melakukannya kalian dapat memasang aplikasi jual beli saham.

Memilih Sekuritas Terbaik Dan Aman Dengan Biaya Transaksi Termurah

Agar bermain saham lebih aman, seorang pemula harus mengetahui perusahaan sekuritas terbaik yang aman dan terpercaya. Setiap perusahaan sekuritas (broker) menetapkan biaya transaksi (fee) yang berbeda-beda.

Dalam dunia investasi saham setiap investor harus memiliki rekening di perusahaan sekuritas agar dapat melakukan berbagai transaksi secara online, mulai dari top up saldo deposit ke rekening efek agar bisa membeli saham-saham di pasar saham hingga membayar biaya transaksi.

Contohnya ada sekuritas menetapkan biaya 0,19 persen untuk pembelian dan 0,29 persen untuk penjualan. Ada juga yang menetapkan biaya 0,15 persen untuk pembelian dan 0,20 untuk penjualan, dan lain lain. Semakin kecil biaya transaksi akan semakin menguntungkan nasabah atau investor/trader.

Menentukan Modal Investasi

Agar dapat berinvestasi saham tentunya kalian harus memiliki modal investasi. Sedari awal seorang pemula harus memahami dan menentukan berapa modal investasi yang harus disiapkan. Karena kalian seorang investor pemula maka mulailah dengan modal investasi kecil dan tidak gegabah harus menanam modal besar sementara kalian belum memahami strategi untuk mendapatkan keuntungan.

Nantinya modal awal ini akan di top up ke rekening di aplikasi sekuritas. Beberapa sekuritas ada yang menetapkan modal awal Rp 50.000, ada juga Rp 100.000. Harga saham pun berbeda-beda tergantung nilai harga saham perusahaan emiten di pasar efek. Ada saham berharga Rp 500 per lembar, ada juga Rp 4000an hingga Rp 70ribuan per lembar.

Belajar Analisa & Prediksi Saham

belajar trading saham
Menu interaktif bersama Komunitas Saham melalui fitur Stream di aplikasi Stockbit (sumber : akun Stockbit @BangBen)

Selain menganalisa background perusahaan, keuangan perusahaan, dan harga saham dari perusahaan emiten yang diperjual belikan di bursa saham investor dan trader pemula juga wajib melakukan analisa terhadap fluktuasi harga saham. Fluktuasi Harga saham yang dimaksud adalah harga naik dan harga turunnya saham dalam suatu rentang waktu. Fluktuasi ini akan membentuk pola tertentu.

Langkah awal suntuk melihat fluktuasi tersebut melalui chart atau tools pada aplikasi sekuritas baik secara real time maupun melalui virtual trading.

Bila seorang pemula ingin mendapatkan profit, maka waktu terbaik membeli saham adalah saat harga saham tersebut sedang turun dan menjualnya di pasar saham saat harga saham naik.

Belajar Strategi Berinvestasi dan Trading Saham Yang Aman

belajar trading
Banyak strategi yang bisa dilakukan agar bisa menguasai cara berinvestasi saham yang tepat (ilustrasi : Bang Oben-Ulastopik.com)

Belajar saham tidak serta merta membuat seorang pemula langsung menguasai seluk beluk saham. Agar lebih cepat menguasai cara trading atau mengelola modal yang diinvestasikan di sekuritas efek, strategi berikut ini dapat dilakukan.

Strategi agar mudah dan cepat memahami seluk beluk saham antara lain yaitu dengan menyewa jasa profesional, ikut kursus trading, bergabung dengan komunitas, hingga download e-book tentang saham di internet.

Tapi umumnya strategi tersebut tentu membutuhkan biaya, dan banyak waktu yang harus dihabiskan di depan gadget untuk mantengin pergerakan saham.

Untungnya sekarang ada aplikasi Stockbit, sebuah aplikasi saham terbaik yang selain digunakan untuk investasi saham & reksadana juga bisa dimanfaatkan untuk menggali banyak hal tentang saham, menganalisanya, serta melakukan simulasi.

Kabar baiknya lagi, sembari belajar saham para pemula juga bisa berinvestasi dan membeli saham sesuai keinginan tanpa minimum deposit.

Belajar Saham Bersama Komunitas Saham

belajar trading saham
Aplikasi saham terbaik belajar investasi saham lewat Stockbit Academy

Belajar investasi saham dan jual beli saham perusahaan emiten juga dapat dilakukan bersama anggota komunitas saham. Dengan cara demikian investor saham pemula tidak loss dan terhindar dari manipulasi. Anggota komunitas dapat membantu memberikan informasi yang aktual dan faktual tentang trend naik turunnya harga saham, berdiskusi tentang saham mulai dari nol, mengetahui perusahaan-perusahaan yang sedang bermasalah dengan keuangan dan saham emiten yang direkomendasikan, bahkan bisa melakukan analisa dan prediksi bersama. Ada banyak komunitas saham yang bisa menjadi tempat berbagi pengetahuan, misalnya komunitas saham Stockbit.

Mempelajari Video dan E-Book Saham

Belajar saham juga bisa dilakukan dengan memperoleh video dan modul belajar saham. E-book saham ini bisa kalian dapatkan di internet, misalnya e-book belajar saham Stockbit Academy. Investor pemula secara step by step akan bisa memahami seluk beluk saham dan cara trading ala profesional dengan mengakses modul dan video cara bermain saham dari nol bagi pemula. Modul dan video belajar saham ini terdiri dari berbagai topik dasar-dasar saham hingga trading dan investasi saham tingkat lanjut.

Mengetahui Dinamika Saham di Pasar Efek Melalui Berita Saham

berita saham
Gsambar aplikasi berita saham selalu terupdate dari Stockbit

Informasi tentang perkembangan saham dan keuangan dari perusahaan emiten sangat penting bagi seorang pemula. Caranya adalah dengan mendapatkan berita saham terupdate. Dengan demikian kalian dapat mengetahui apa saham terbaik untuk dibeli atau dijual. Kalian juga akan bisa mengetahui perusahaan-perusahaan emiten yang bermasalah sehingga dapat memutuskan tidak membeli saham tersebut.

Belajar Saham Online Gratis di Aplikasi Saham

Mempelajari tentang saham juga dapat dilakukan pemula dengan memasang aplikasi saham. Bahkan ada banyak aplikasi belajar saham terbaik yang bisa digunakan untuk belajar saham secara gratis, contohnya aplikasi Stockbit dan masih banyak lagi aplikasi saham terbaik untuk belajar saham online.

Sudah siap berinvestasi dan jual beli saham ? Pastikan terlebih dahulu kalian sudah belajar saham dengan baik ya, supaya tidak rugi