6 Sistem Pembayaran Paling Sering Digunakan Saat Belanja Online

September 09, 2018
Perkembangan toko online di Indonesia memberikan pengaruh besar terhadap pola bertransaksi masyarakat Indonesia. Sistem pembayaran online menjadi semakin variatif, dan ini memberikan dampak positif bagi sebagian pembeli. Namun bagi yang tidak memahami tentang metode pembayaran online akan menimbulkan kebingungan.


metode pembayaran saat bertransaksi online


Berbagai alternatif metode pembayaran online ini harus dibarengi dengan kemampuan untuk mengelola keuangan. Apalagi pola berbelanja sekarang justru punya pengaruh buruk terhadap mental konsumerisme masyarakat.

Bagi anda yang ingin berbelanja di toko online, harus lebih banyak menggali informasi serta referensi dari sumber terpercaya. Artinya, sebelum anda memilih dan membeli barang, anda sudah harus mengetahui dulu metode pembayaran apa yang disediakan oleh toko online, dan apakah metode-metode yang disediakan tersebut sesuai dengan kemampuan anda.

Untuk mengetahui berbagai jenis metode pembayaran online saat berbelanja di toko online, berikut ini Ulas Topik akan menginformasikan sistem bertransaksi online yang paling sering digunakan.

#1 Sistem Pembayaran Belanja Online Dengan Dengan Kartu Kredit (Credit Card)

Metode pembayaran online saat berbalanja di situs toko online salah satunya yaitu menggunakan mastercard. Bisa dikatakan kartu kredit mastercard adalah pioner transaksi online khususnya dalam berbelanja, baik di toko fisik maupun di toko online.  Kartu kredit digunakan di hampir di seluruh toko online di dunia. Toko online sekelas eBay dan Amazon menggunakan kartu kredit sebagai opsi utama pembayaran.

Kalau seandainya kamu tidak punya uang tunai, atau saldo di rekeningmu menipis tapi kamu terdaftar sebagai pengguna kartu kredit, kamu bisa memanfaatkannya untuk berbelanja. Pembayaran belanja online lewat kartu kredit ini bisa dilakukan dirumah. Tapi jangan sembarangan meninggalkan information di ponsel atau di komputermu, karena bisa menjadi sasaran penyalahgunaan ketika orangutang lain atau oknum mengetahui data-data kartu kreditmu. Bisa-bisa tagihanmu membengkak setiap bulan padahal kamu tidak menggunakannya.

Situs belanja online yang menggunakan sistem mastercard sebagai alat bayar misalnya Tokopedia, Lazada, Bhineka, dan Zalora.

#2 Belanja Online Pembayaran Di Tempat (COD) 

Belakangan ini metode pembayaran belanja bayar di tempat cukup tenar.  Salah satu kelebihan membayar belanja online lewat COD atau bayar di tempat ini adalah menghindari terjadinya penipuan. Meningkatnya omzet e-commerce membuat sebagian oknum berusaha mendapatkan keuntungan dengan cara membuat toko online abal-abal tapi tidak punya sistem untuk memproteksi kenyamanan pelanggannya.


Apa Itu Metode Pembayaran COD (Cash On Delivery) ?

Cash on Delivery (COD) diartikan sebagai bayar tunai ditempat atau bayar setelah barang sampai. Kalau kamu tidak punya rekening bank atau tidak punya kartu kredit, COD bisa menjadi alternatif pilihan bertransaksi. Prinsip kerjanya yaitu berbelanja lewat online tapi membayarnya setelah barang diterima. Dengan metode ini kamu bisa belanja online bayar dirumah, atau belanja online barang datang baru bayar. Tidak semua aplikasi belanja online melayani cara belanja online barang sampai baru bayar ini. Situs belanja Lazada,  Zalora, Blibli, Bukalapak, dan MatahariMall sudah melayani sistem COD ini. Kamu juga bisa mengetahui tata cara belanja online lewat menu Panduan Belanja tersebut.

#3 Metode Belanja Online Pembayaran Dengan Kartu Debit (Debit Card)

Membayar belanjaan secara online juga bisa dilakukan menggunakan kartu debit atau positive identification. Seandainya kamu tidak merasa aman menggunakan kartu kredit sebagai alat transaksi, atau malas keluar rumah, kamu bisa memanfaatkan kartu debit.

Kartu debit ini cukup mudah digunakan ketika kamu berbelanja di situs belanja online, dimana ketika bertransaksi langsung terhubung ke rekening tabungan. Salah satu kekurangan berbelanja menggunakan sistem debit ini yaitu sering sekali dijadikan alat penipuan. Bila sembarangan memberikan nomor PIN ke toko online abal-abal bisa-bisa habis semua saldo di rekening kamu. Pembayaran menggunakan kartu debit ini bisa dilakukan ketika berbelanja di  Tokopedia, Bukalapak, Blibli, dan Blanja.com.

#4 Metode Pembayaran Belanja Online Lewat Transfer Bank

Selain menggunakan debit card dan credit card, bertransaksi online juga bisa dilakukan lewat transfer bank.  Cara membayar belanja online lewat bisa dilakukan dengan cara transfer via ATM atau langsung ke bank .

Menurut survey dari  toko online Bhinneka.com, transfer bank adalah metode yang paling sering digunakan para pembeli online. Beberapa kekurangan saat melakukan pembayaran pakai sistem transfer bank ini antara lain yaitu konsumen harus melakukan konfirmasi pembayaran, rekening penjual bisa disalahgunakan, berpotensi terjadinya human error, serta pengiriman barang bisa tertunda bila pembayaran belum dikonfirmasi karena dilakukan pada hari kerja.

#5 Pembayaran Online Dengan Sistem Rekber (Rekening Bersama)

Pembayaran lewat Rekening Bersama (Rekber) merupakan alternatif yang cukup aman bagi penjual online maupun pembeli online. Ini karena cukup seringnya terjadi penipuan baik yang dilakukan oleh pelapak maupun pembeli.

Metode pembayaran melalui rekening bersama ini melibatkan pihak ketiga, dimana ketika akan bertransaksi baik si pembeli maupn si pelapak menyepakati pihak ketiga yang dimaksud. Ketika si pembeli membeli barang dari penjual, pembeli akan mengkonfirmasinya ke pihak ketiga. Saat si penjual mengirimkan barangnya, si penjual kemudian mengkonfirmasi ke pihak ketiga. Demikian pula si pembeli mengkonfirmasi bahwa barang telah diterima. Kemudian pihak ketiga akan menyetorkan dana ke si penjual.

Sistem Rekber ini bisa dilakukan bila berbelanja di Lazada, Tokopedia, Blibli, Blanja.com dan beberapa lainnya.

#6 Metode Pembayaran Online Dengan Internet Banking 

Sistem pembayaran online lewat transfer yang cukup canggih belakangan ini yaitu via internet banking. Dengan cara ini, pembeli akan mentransfer tagihan belanjanya cukup lewat aplikasi yang sudah diunduh sebelumnya di smartphone atau di website. Dengan catatan, si pengguna aplikasi adalah nasabah dari bank penyedia aplikasi tersebut.

Nah, itulah sistem pembayaran online paling sering digunakan saat berbelanja. Anda bisa bertransaksi online dengan mudah di toko online dengan metode di atas. Tapi, tentu saja anda harus bisa membatasi diri saat berbelanja, karena bila tidak punya kemampuan mengelola keuangan bisa-bisa kebablasan.

Baca Juga :



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »