6 Solusi Sistem Pembayaran Online untuk Transaksi Bisnis yang Efisien

Mengenal sistem pembayaran online dan jenis pembayaran online yang ada di Indonesia. Bertransaksi semakin mudah dan efisien.
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated

Pembayaran online kini semakin sering digunakan. Proses transaksi yang mudah dan cepat sangat menguntungkan para pelaku bisnis.

Digitalisasi kini menjelajahi hampir seluruh aspek kehidupan manusia melalui beragam metode dan aplikasi harian untuk mempermudah aktivitas. Salah satunya yaitu dalam melakukan transaksi.

Menggunakan sistem pembayaran online, anda bisa melakukan berbagai transaksi dengan cepat. Misalnya memesan tiket pesawat terbesar menuju destinasi wisata di Bali yang terkenal dan melakukan berbagai metode pembayaran.

Apa saja metode pembayaran online yang ada saat ini untuk memperlancar transaksi dan bisnis ? Dalam artikel ini kita akan mengetahui jenis-jenis pembayaran online di Indonesia.

Baca Juga : Cara Top Up Deposit di Aplikasi Crypto Pintu

Mengenal Sistem Pembayaran Online

metode pembayaran online

Pengertian sistem pembayaran online adalah sistem pembayaran secara digital yang dilakukan secara online menggunakan jaringan internet. Biasanya sistem pembayaran online memakai fasilitas di tempat penyedia dana (bank) dan di tempat tujuan pembayaran, misalnya e-commerce dan sebagainya.

Ada berbagai istilah yang mirip dengan sistem pembayaran online, misalnya e-payment, pembayaran digital, pembayaran elektronik. Intinya metode pembayaran dengan sistem online ini mengacu pada proses pembayaran secara digital tanpa harus ke bank atau ke tempat tujuan pengiriman dana, seperti yang umum kita lihat bila membeli barang di toko atau mentransfer dana.

Manfaat Sistem Pembayaran Online Bagi Pelaku Usaha

Ada sejumlah benefit yang diperoleh bila melakukan transaksi maupun payment secara online, yaitu :

  1. Traksaksi dan pembayaran berlangsung cepat tanpa memakan waktu harus mengantri, dimana seseorang juga bisa melakukannya dari rumah saja.
  2. Tersedia berbagai metode transaksi dan pembayaran yang diinginkan.
  3. Sistem pembayaran online bisa meminimalisir kejahatan yang sering terjadi dalam sistem pembayaran tunai.
  4. Pembayaran online dapat dilakukan via gadget (ponsel atau laptop).

Jenis Jenis Sistem Pembayaran Online Saat Di Indonesia

Metode pembayaran online yang umumnya digunakan untuk bertransaksi, membayar, membeli atau menjual produk terdiri atas beberapa jenis. Buat kamu yang sedang menjajaki dunia usaha, berikut ini adalah cara pembayaran online yang wajib diketahui.

Baca Juga : 10 Aplikasi Terbaik Untuk Belanja Online

1. Pembayaran Online Dengan Kartu Kredit

Metode pembayaran online salah satunya yaitu menggunakan mastercard. Kartu kredit digunakan di hampir di seluruh toko online di dunia. Toko online sekelas eBay dan Amazon menggunakan kartu kredit sebagai opsi utama pembayaran.

Bila kamu tidak punya uang tunai atau saldo di rekening tidak cukup untuk bertransaksi namun kamu memiliki kartu kredit, bisa memanfaatkannya.

3. Pembayaran Online Menggunakan Kartu Debit (Debit Card)

Membayar belanjaan secara online juga bisa dilakukan menggunakan kartu debit atau positive identification. Seandainya kamu tidak merasa aman menggunakan kartu kredit sebagai alat transaksi, atau malas keluar rumah, kamu bisa memanfaatkan kartu debit.

Kartu debit ini cukup mudah digunakan ketika kamu berbelanja di situs belanja online, dimana ketika bertransaksi langsung terhubung ke rekening tabungan.

3. Sistem Pembayaran Online Dengan Transfer Via ATM

Selain menggunakan debit card dan credit card, bertransaksi online juga bisa dilakukan lewat transfer bank. Cara membayar belanja online lewat bisa dilakukan dengan cara transfer via ATM atau langsung ke bank.

Menurut survey dari toko online Bhinneka.com, transfer bank adalah metode yang paling sering digunakan para pembeli online. Namun anda harus jeli mengamankan transaksi agar terhindar dari penipuan.

4. Pembayaran Online Dengan Sistem Rekber (Rekening Bersama)

Pembayaran lewat Rekening Bersama (Rekber) merupakan alternatif yang cukup aman bagi penjual online maupun pembeli online. Ini karena cukup seringnya terjadi penipuan baik yang dilakukan oleh pelapak maupun pembeli.

Metode pembayaran melalui rekening bersama ini melibatkan pihak ketiga, dimana ketika akan bertransaksi baik si pembeli maupn si pelapak menyepakati pihak ketiga yang dimaksud. Ketika si pembeli membeli barang dari penjual, pembeli akan mengkonfirmasinya ke pihak ketiga. Saat si penjual mengirimkan barangnya, si penjual kemudian mengkonfirmasi ke pihak ketiga. Demikian pula si pembeli mengkonfirmasi bahwa barang telah diterima. Kemudian pihak ketiga akan menyetorkan dana ke si penjual.

5. Metode Pembayaran Online Dengan Internet Banking

Sistem pembayaran online lewat transfer yang cukup canggih belakangan ini yaitu via internet banking. Dengan cara ini, pembeli akan mentransfer tagihan belanjanya cukup lewat aplikasi yang sudah diunduh sebelumnya di smartphone atau di website. Dengan catatan, si pengguna aplikasi adalah nasabah dari bank penyedia aplikasi tersebut.

6. Pembayaran Online Dengan Dompet Digital

Selain pembayaran online menggunakan internet banking dan mobile banking, pemilik dana juga bisa menyetorkan dana memanfaatkan aplikasi dompet digital atau e-wallet, yaitu aplikasi untuk menyimpan atau mentransfer dana ke sesama akun e-wallet. Mirip dengan dompet, kamu harus mengisi atau top up agar e-wallet memiliki sejumlah dana yang nantinya bisa digunakan untuk beragam transaksi.

Aplikasi e-Wallet mudah digunakan, proses transaksi cepat, serta efisien. Ada banyak aplikasi dompet digital seperti OVO, Dana, hingga Link Aja yang bisa dipasang. Proses pendaftaran juga gampang karena hanya mendaftarkan akun dengan nomor seluler.

Nah, itulah sistem pembayaran online paling sering digunakan saat berbelanja. Anda bisa bertransaksi online dengan mudah di toko online dengan metode di atas. Tapi, tentu saja anda harus bisa membatasi diri saat berbelanja, karena bila tidak punya kemampuan mengelola keuangan bisa-bisa kebablasan.

Getting Info...

About the Author

Cuma orang biasa saja. Penyuka musik cadas, penikmat film berkelas.

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.