5 Cara Mudah Agar Awet Muda Serta Energik Selama Beraktivitas

September 15, 2018
Cara Mudah Agar Awet Muda Serta Energik Selama Beraktivitas - Awet muda merupakan keinginan setiap orang. Bukan cuma perempuan saja, para pria juga ingin terlihat awet muda dan keseimbangan dalam menjalani hidup tetap terjaga. Cara menjalani hidup yang berkualitas dan tidak terlihat menua ternyata cukup mudah, dengan syarat harus berani mengatur gaya hidup.


tips agar lebih awet muda


Penuaan merupakan salah satu bagian dari perjalanan hidup, dan ini tidak dapat dihindari. Penuaan terjadi secara alami. Kulit keriput, muncul flek dan garis-garis di kening, serta wajah tidak segar merupakan tanda-tanda penuaan. Bertambahnya usia juga menjadi salah satu faktor kerentanan terhadap penyakit, seperti peradangan, pegal linu, pengeroposan tulang dsb.

Tapi apakah seiring bertambahnya umur, terlihat lebih awet muda tidak bisa dilakukan ? Bisa kok, tapi harus punya komitmen jangka panjang serta usaha-usaha yang dilakukan harus dibarengi dengan kedisplinan.

Di era teknologi canggih serta kondisi lingkungan yang sudah tidak sehat lagi, penuaan dini sangat mudah terjadi. Fenomena yang terlihat saat ini menunjukkan bahwa cara awet muda yang dilakukan sebagian besar orang adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan anti penuaan dini hingga diet. Tentu saja metode ini punya dampak yang justru membuat daya tahan tubuh berkurang.

Oleh karena itu, bila anda ingin terlihat energik seperti saat masih muda maka untuk menghindari penuaan dini dan lebih awet muda sebaiknya dilakukan dengan cara yang alami. Apa saja cara awet muda yang alami dan mudah dilakukan sehari-hari ?

1. Ubah Gaya Hidup Tidak Sehat

Gaya hidup tidak terlepas dari style, dan style sangat dipengaruhi oleh trend. Saat ini hidup bebas dan tidak terkontrol menjadi salah satu trend yang paling banyak dilakukan anak-anak muda. Ada berbagai motivasi atau sebab akibat yang mendorong hal tersebut, antara lain takut dibully, kalau gak ikut trend dibilang kuper, dan ada juga yang disebabkan oleh permasalahan pribadi.

Gaya hidup tidak sehat yang sering dilakukan anak-anak muda jaman sekarang antara lain merokok, sering begadang (kurang tidur), minum-minuman beralkohol, hingga mengkonsumsi zat-zat adiktif (narkotika, morfin dsb).

Kebiasaan-kebiasaan tersebut justru mempercepat berkurangnya daya tahan tubuh dan kemampuan tubuh untuk mereproduksi sel-sel yang rusak semakin rendah. Metabolisme pun tidak lancar. Ketika bangun tidur wajah kusut masai, terlihat sembab, penglihatan tidak jelas, dan dalam waktu singkat keriput muncul dimana-mana. Bahkan menimbulkan kerontokan pada rambut.

Jangan teruskan kebiasaan ini, karena bukan awet muda yang didapatkan.

2. Atur Pola Makan Serta Perhatikan Asupan Nutrisi

Pola makan yang semau gue menimbulkan berbagai dampak. Tidak jarang acara party menjadi ajang makan sepuasnya, dan dampaknya perut terlihat membuncit dengan tumpukan lemak dimana-mana.

Ada juga yang karena ingin terlihat langsing justru melakukan diet ketat misalnya mengurangi jadwal makan dari biasanya 3 kali sehari menjadi satu kali sehari. Ini justru berdampak pada organ-organ pencernaan dan menimbulkan berbagai gangguan bahkan infeksi pada lambung, usus, ginjal dan hati.

Selain itu tidak sedikit yang makan tanpa memperhatikan kadar gizi yang terkandung didalamnya. Misalnya mengkonsumsi makanan cepat saji. Padahal tubuh yang sehat dan awet muda sangat membutuhkan gizi, vitamin, dan mineral. Kekurangan asupan gizi akan terlihat pada daya tahan tubuh yang berkurang, sering tidak semangat dalam beraktivitas, dan pastinya tubuh rentan terserang penyakit.

Agar anda tetap awet muda, pastikan anda mengatur pola makan yang sehat. Meskipun anda sedang diet, tidak perlu mengurangi jatah makan apalagi sampai meminum obat diet. Anda tetap bisa makan 3 kali sehari, hanya saja menunya diatur sedemikian rupa.

3. Rajin Mengkonsumsi Makanan Berserat Tinggi

Makanan yang berserat tinggi sangat dibutuhkan oleh tubuh. Makanan yang berserat sangat mempengaruhi metabolisme tubuh. Kekurangan asupan makanan yang berserat menimbulkan berbagai dampak negatif misalnya lambatnya pencernaan akibat kinerja organ-organ pencernaan menjadi sangat tinggi mengolah makanan yang dikonsumsi. Dampak lainnya yaitu kesulitan buang air besar padahal BAB merupakan bagian dari metabolisme. Metabolisme yang terganggu bisa mengakibatkan tubuh keracunan. Tubuh yang keracunan adalah tubuh yang sakit, sedangkan tubuh yang sakit sudah pasti wajahnya tidak segar. 

4. Perbanyak Mengkonsumsi Buah-Buahan Segar Bervitamin C Tinggi

Vitamin C sangat bermanfaat untuk menghindari terjadinya penuaan dini pada manusia. Seperti yang kita ketahui, polusi udara menyebabkan kulit menjadi kusam, kering, bahkan menimbulkan kerutan. Sementara memakan makanan dengan lemak tinggi justru mengakibatkan naiknya kolesterol. 

Vitamin C berperan penting dalam menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini, pengeriputan wajah, serta menjaga kelembapan kulit. Sementara vitamin C juga sangat berperan dalam menguraikan lemak. 

Bila anda rutin mengkonsumsi vitamin C murni dari alam seperti pisang, nanas, jeruk, dan semangka maka kelembapan kulit tetap terjaga, wajah lebih segar, kulit terlihat kencang, mengurangi keriput, serta lemak darah tetap terjaga. 

5. Atur Jadwal Rutin Berolahraga

Tubuh yang awet muda dapat didapatkan dengan rajin berolahraga. Tidak mesti ke gym, cukup di sekitar lingkungan rumah saja. Dengan berolahraga, otot-otot tetap terjaga kelenturannya, tubuh semakin kokoh, peredaran darah lancar, dan tidak mudah lemas. 

Ada berbagai jenis olahraga yang bisa anda lakukan secara rutin, antara lain jalan kaki, lari-lari kecil, bersepeda, atau berenang setidaknya 2-3 kali seminggu. Bila anda tidak terbiasa, anda bisa mencobanya dengan 1 kali seminggu.

Baca Juga : 


Nah, bagaimana ? Mudah kan ? Menjadi awet muda itu tidak mesti mahal, tidak mesti sering-sering ke salon, dan tidak harus beli obat. Cukup dilakukan di rumah, di kantor atau dimana saja, yang penting anda disiplin dan punya komitmen untuk melakukannya. 

Selama mencoba.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »