Mau Tampil Modis ? Ini Manfaat Buah Semangka Buat Kesehatan dan Kecantikan

September 13, 2018
Manfaat Buah Semangka Buat Kesehatan dan Kecantikan - Siapa yang tidak ingin tampil modis dan cantik ? Tidak ada yang menampik bahwa tampil cantik dan stylish merupakan idaman perempuan. Bukan cuma wanita yang sudah menopause saja, tapi siswi SMA yang masih belasan tahun sudah mencoba berbagai produk kosmetik agar tampil menawan. Tapi tentu saja akan mengeluarkan biaya cukup besar bila harus ke salon, atau membeli produk-produk kosmetik dari luar negeri.

Manfaat Buah Semangka Untuk Tetap Tampil Cantik dan Awet Muda


khasiat semangka untuk kesehatan dan kecantikan


Salah satu tips agar bisa tetap tampil cantik sepanjang tahun adalah memanfaatkan khasiat alam, yaitu buah semangka. Manfaat buah semangka seolah-olah terlupakan oleh perkembangan jaman, padahal oleh sejumlah pakar kesehatan manfaat semangka sangat besar bagi kesehatan.

Moms dan neng geulis mana yang tidak tahu dengan buah semangka. Buah menyegarkan ini hampir tiap hari bisa ditemukan dipasar, dan sangat digemari oleh siapa saja, laki-laki perempuan, tua maupun muda. Apalagi bila disajikan dalam keadaan dingin, pasti semakin nikmat.

Tapi dibalik kerenyahan dan kesegarannya, mungkin tidak banyak yang tahu bahwa buah semangka punya khasiat luar biasa untuk menjaga tubuh tetap sehat, dan tetap tampil menawan. Ini karena nilai kandungan gizi serta mineral yang ada didalam buah semangka sangat bermanfaat bagi jaringan tubuh.

Buah yang mengandung Kalium, Fosfor, Kalsium dan Zat Besi ini dipercaya memiliki berbagai khasiat agar tetap terlihat cantik dan awet muda. Apa saja sih manfaat buah semangka untuk kesehatan dan kecantikan ? Nih moms, silakan dicoba ya.

1. Buah Semangka Bermanfaat Untuk Menjaga Kelembapan Kulit

Manfaat buah semangka bisa dirasakan para moms yang memiliki masalah kulit bersisik dan kering. Ini karena buah semangka memiliki kandungan air sangat banyak sehingga mempengaruhi kelembapan kulit.

Agar manfaat buah semangka bisa memberikan dampak langsung terhadap kesehatan dan kelembapan kulit khususnya di wajah, maka moms bisa mengkonsumsinya secara langsung atau bisa juga menjadikan semangka sebagai masker. Moms bisa membuat masker buah semangka untuk di wajah setidaknya dua kali seminggu agar bisa mendapatkan hasil yang optimal.

2. Manfaat Buah Semangka Untuk Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini adalah keadaan yang paling tidak diinginkan para wanita. Ditengah usia produktif tapi sudah mulai banyak kerutan diwajah atau di kulit bakal bikin para wanita smart yang ingin tampil cantik jadi merasa risih dan tidak pede. 

Penuaan dini bisa disebabkan oleh berbagai hal, antara lain radikal bebas, konsumsi makanan yang tidak sehat, gaya hidup yang tidak teratur, sering merokok dan minum alkohol, paparan sinar matahari, serta polusi. Nah, agar bunda bisa tetap awet muda meskipun usia sudah lebih dari 40 tahun, manfaat buah semangka ini akan memberikan hasil yang luar biasa kalau rutin mengkonsumsinya.

Manfaat buah semangka untuk mencegah penuaan dini ini karena adanya nutrisi kompleks seperti Vitamin A, Vitamin C, Potassium serta Likopen. Dengan mengkonsumsi buah semangka, maka garis-garis halus, flek hitam, jerawat serta kulit berkerut bisa diatasi sehingga wajah bunda tetap seperti wanita muda yang cerah dan enerjik. 

3. Kolagen Dalam Buah Semangka Menjaga Kulit Tetap Elastis

Kulit kencang dan elastis merupakan dambaan semua wanita. Namun karena berbagai faktor menyebabkan elastisitas kulit tidak terjaga. Kolagen merupakan senyawa yang dibutuhkan tubuh bunda agar kulit tetap elastis. Salah satu sumber kolagen ada dalam buah semangka. 

Khasiat buah semangka yang sangat menguntungkan bunda yaitu menjaga kulit wajah maupun kulit tubuh tetap kencang dan elastis lewat kandungan Vitamin C yang tinggi, karena Vitamin C sangat membantu tubuh menyerap kolagen. Dengan memakan buah semangka atau dikonsumsi dalam bentuk juice sel kulit bunda tetap terpelihara dan kulit tetap kencang. 

4. Khasiat Semangka Untuk Diet Alami dan Sehat

Lemak dan kolesterol akan semakin menumpuk seiring dengan bertambahnya usia. Ini karena pola dan menu makan yang tidak dijaga. Kondisi tubuh yang bengkak dipenuhi lemak merupakan hal yang paling dibenci oleh kaum hawa. Siapa sih yang tidak ingin tampil modis dengan tubuh yang proporsional ? 

Buat para moms yang selama ini berjuang diet mati-matian dan setengah mati agar mendapatkan kembali berat tubuh yang diidam-idamkan, kini bisa memanfaatkan buah semangka. Moms tidak perlu lagi harus minum obat diet, atau puasa makan agar bisa mengurangi berat badan. 

Manfaat buah semangka dalam membantu para wanita diet secara sehat karena adanya kandungan asam amino citruline yang efektif untuk mengatasi penumpukan lemak dalam tubuh. Senyawa ini akan diubah oleh ginjal menjadi argini yang bisa melemahkan sel-sel lemak dan larut dalam saluran pengeluaran. 

5. Menangkal Kanker 

Gaya hidup yang ingin tetap cantik, stylish, dan mengikuti trend kadang-kadang dilakukan dengan cara yang kurang baik. Misalnya sering berpesta, mengkonsumsi makanan siap saji, minum-minuman berkarbonat tinggi atau beralkohol, hingga sering tidur larut. 

Pola hidup seperti ini berpotensi menyebabkan kurangnya daya tahan tubuh dan mudahnya sel-sel radikal bebas masuk. Salah satu akibatnya yaitu kanker. 

Selain kandungan Vitamin C, buah semangka punya kandungan lycopene yang berkhasiat untuk menangkis berbagai macam radikal bebas penyebab kanker. Selain itu manfaat buah semangka juga berperan dalam menangkal kanker karena adanya senyawa antioksidan di dalamnya. 

Nah bunda, sekarang bisa tampil lebih sehat, cantik, modis dan stylish dengan cara alami lewat manfaat buah semangka. Tapi ngomong-ngomong moms tau gak apa saja sih kandungan buah semangka ? 

Kandungan Gizi dan Mineral Dalam Buah Semangka

  • Kalium 319 mg
  • Fosfor 31 mg
  • Magnesium 30 mg
  • Kalsium 19 mg
  • Sodium 2,9 mg
  • Zat Besi 0,98 mg
  • Selenium 1,2 mcg
  • Mangan 0,112 mg
  • Tembaga 0,15 mg
  • Seng 0,32 mg
  • Vitamin A 1630 IU
  • Tiamin 0,092 mg
  • Riboflavin 0,09 mg
  • Niasin 0,521 mg
  • Folat 9 mcg
  • Asam Pantotenat 0,654 mg
  • Vitamin B6 0,123 mg
  • Vitamin C 23,4 mg
  • Vitamin E 0,15 mg
  • Vitamin K 0,4 mcg
  • Protein 1,74 g
  • serat 1,9 g
  • Kalori 85 kalori
Baca Juga :


Tapi ingat ya mom, mengkonsumsi semua makanan ada takaran dan waktunya. Manfaat buah semangka hanya bisa dirasakan bila konsumsinya diatur dan jangan berlebihan. Bila berlebihan malah akan menimbulkan dampak lain dan menjad tidak sehat bagi tubuh.

Yuk, tampil cantik dan sehat dengan manfaat buah semangka.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »