5 Tips Memilih Asuransi Mobil Yang Bagus, Jangan Terjebak

Mei 05, 2019
Tips Memilih Asuransi Kendaraan Yang Bagus - Halo sobat UlasTopik, kali ini admin mau berbagi tips tentang bagaimana memilih asuransi mobil yang bagus. Seringkali orang bertanya apa asuransi kendaraan bermotor yang bagus, apa asuransi mobil yang paling bagus, apa asuransi kendaraan yang bagus dan murah, dan banyak lagi pertanyaan lainnya seputar asuransi kendaraan bermotor terbaik. Mengetahui asuransi kendaraan bermotor adalah salah satu edukasi buat kamu semua agar bisa mengelola keuangan dan manajemen resiko.

Sobat sudah tahu belum tentang asuransi kendaraan ? Asuransi kendaraan adalah merupakan pertanggungan kerugian yang melindungi tertanggung kala terjadi kerusakan atau kerugian imbas kerusakan kendaraan, kecelakaan, kehilangan, bencana, serta perselisihan/huru hara. Sebutan asuransi kendaraan bisa pula dikhususkan untuk kendaraan dimana resiko yang terjadi pada kendaraan tersebut dialihkan kepada perusahaan pemilik produk asuransi.

Jenis- Jenis Asuransi Kendaraan Bermotor

Supaya sobat lebih ketahui tentang tipe jaminan ataupun perlindungan asuransi kendaraan, terdapat 2 tipe asuransi kendaraan bermotor :

1. Asuransi Mobil TLO ( Total Lost Only)

Tipe asuransi kendaraan beroda empat Sempurna Lost Only (TLO) akan memberikan jaminan atas kerusakan kendaraan beroda empat yang terjadi di atas 75% dengan premi yang relatif rendah. Ketika terjadi resiko kecelakaan atau kerusakan kecil pada kendaraan tidak akan mendapatkan perlindungan, sebab jikalau kendaraan beroda empat mengalami lebih dari 75% kerusakan biasanya tidak bisa dioperasikan lagi.

2. Asuransi Mobil All Risk ( Comprehensive)

Tipe asuransi kendaraan beroda empat All Risk atau sering kali juga disebut dengan asuransi kendaraan comprehensive ini yakni kebalikan dari tipe asuransi kendaraan TLO. Tipe asuransi kendaraan comprehensive memberikan perlindungan menyeluruh. Sistem itu kendaraan beroda empat cuma lecet, kerusakan kecil, hingga kehilangan karenanya sobat akan mendapatkan penggantian. Pastinya premi asuransi kendaraan All Risk ini lebih tinggi dibandingi premi asuransi kendaraan TLO.

Lalu, apa sih ciri-ciri asuransi kendaraan yang bagus ?

Jangan sembarangan memilih produk asuransi kendaraan bermotor lho, soalnya cukup banyak terjadi saat pemilik kendaraan beli asuransi mobil tapi tidak bisa diklaim. Apakah itu kesalahan perusahaan asuransi ? Belum tentu juga. Bisa jadi karena kita tidak mendapatkan informasi yang benar tentang produk yang ditawarkan. Atau bisa juga karena kita terlalu tergiur dengan nilai klaimnya sehingga kita tidak memahami aturan-aturan kerja sama yang termuat dalam naskah kontrak.

Oleh karena itu, sebelum benar-benar memilih asuransi kendaraan terbaik yang benar-benar bagus dan cocok, pelajari terlebih dahulu background perusahaan serta testimoni pemilik asuransi yang sudah bekerja sama dengan perusahaan.

Bagaimana Memilih Asuransi Kendaraan Yang Bagus 

Beberapa hal atau aspek yang perlu diperhatikan serta diteliti sebelum melakukan ikatan kontrak dengan perusahaan asuransi adalah seperti berikut ini.

Asuransi Kendaraan Yang Bagus

1. Pastikan Produk Asuransi Kendaraan Resmi Dan Terdaftar Di OJK

Perusahaan asuransi kendaraan yang bagus adalah yang produk asuransinya serta aktivitas keuangannya legal dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tidak jarang orang tergiur dengan nama besar dan iklan yang jor-joran, setelah ditelusuri ternyata tidak terdaftar di lembaga keuangan negara. Yang lebih sialnya ya kalau sudah setor premi gede tiap bulan pas mau klaim ternyata perusahaan "menghilang". Mau ganti rugi kemana coba ?

2. Pelajari Jenis Jaminan Resiko Kendaraan Serta Jaminan Perluasannya

Jaminan dasar perlindungan kendaraan ada 2 jenis, yaitu asuransi kendaraan TLO serta asuransi kendaraan comprehensive. Pastikan terlebih dahulu apakah kedua jenis jaminan dasar ini memang ada di perusahaan tersebut, dan cari tahu apakah perusahaan menawarkan produk asuransi kendaraan dengan perluasan jaminan.

3. Hitung Jumlah Premi Tiap Bulan Yang Mesti Dibayarkan

Tips memilih asuransi kendaraan yang bagus lainnya adalah menghitung nilai premi yang dibayarkan setiap bulan. Perusahaan asuransi kendaraan yang bagus biasanya lebih transparan. Bahkan mereka membuat sistem perhitungan di website-nya secara terbuka, artinya tidak ada yang ditutupi. Contohnya Asuransi Kendaraan MSIG dimana anda bisa menggunakan kalkulator premi di website resminya.

Baca Juga : Asuransi Kendaraan MSIG, Berkendara Tanpa Cemas

Jangan paksakan mengambil nilai premi tinggi hanya demi mendapatkan jaminan besar, padahal keuangan anda tiap bulan tidak menentu. Disinilah diperlukan cara berpikir yang smart. Sesuaikan besarnya premi dengan kemampuan membayarnya tiap bulan.

4. Ketahui Nilai Jaminan Resiko Yang Ditawarkan

Seringkali orang bertanya asuransi kendaraan yang bagus apa ya ? Tidak jarang pula orang membanding-bandingkan apa asuransi mobil terbaik. Ini karena masing-masing perusahaan asuransi punya produk yang memang menarik untuk ditawarkan, misalnya pada besarnya proteksi terhadap kejadian pada kendaraan.

Nah disinilah pemilik kendaraan harus benar-benar cermat, jangan sampai terjebak dengan besaran nilai tapi tidak mampu bayar preminya.

Contohnya premi asuransi mobil TLO rata-rata antara 0,8% hingga 1% dari harga mobil, sementara untuk asuransi mobil All Risk preminya rata-rata berkisar antara 2-3%. (sumber : halomoney.co.id). Yang perlu anda lakukan adalah, kembali ke poin 2, yaitu lakukan perhitungan jumlah premi serta potensi proteksi yang akan didapat.

5. Pelajari Cara Beli Asuransi Kendaraan,  Proses Cepat dan Mudah Akan Lebih Baik

Di era serba canggih saat ini semuanya serba mudah. Demikian pula asuransi mobil yang bagus selain melayani proses registrasi dan pembelian konvensional juga dengan cara online. Perusahaan asuransi kendaraan yang bagus akan menyediakan layanan online di situsnya. Ini bertujuan untuk mempermudah siapapun yang ingin membeli asuransi tanpa harus ke kantor perusahaan.

6. Pastikan Proses Klaim Asuransi Kendaraan Mudah Dan Lancar

Asuransi kendaraan yang bagus itu salah satu cirinya yaitu proses klaim yang cepat dan mudah. Tidak jarang orang merasa kecele dengan embel-embel di awal eh pada saat mau klaim malah berbelit-belit. Kurang persyaratan lah, tidak diapprove-lah, tidak layak lah. Pokoknya macam-macam alasan. Lebih ribet lagi kalau waktu mau klaim ternyata perusahaan tutup, ketika ditelusuri tidak terdaftar di OJK. Ruginya berapa kali lipat coba ?

7. Ketahui Apakah Perusahaan Berkantor di Daerah Domisili Atau Tidak

Kenapa harus mengetahui kantor domisili ? Bukankah bisa lewat online ? Ya namanya juga mengantisipasi. Kalau memang tidak ada kantor perusahaan di daerah anda, belum tentu juga perusahaan itu abal-abal. Tapi setidaknya dengan adanya kantor perusahaan anda bisa berkonsultasi langsung dengan petugas. Kan lebih enak ngobrol tatap muka sambil kopi ?

Lalu, Asuransi Mobil Yang Bagus Apa Ya ? 

Lagi-lagi pertanyaan apa asuransi kendaraan yang bagus ini muncul. Tapi setelah anda membaca artikel ini dari awal, pasti sudah paham dong ciri-ciri dan cara mengetahui apa produk asuransi kendaraan yang bagus dan terbaik buat anda.

Nah, pertanyaan ini bisa ditemukan jawabannya di artikel lainnya. Coba baca ini ya : 5 Asuransi Kendaraan Terbaik Yang Bagus Untuk Dimiliki

Nah, itulah beberapa tips untuk mengetahui Asuransi Mobil Yang Bagus. Intinya anda jangan terjebak dengan nama besar, iklan mewah, nilai proteksi yang menggiurkan tapi ternyata perusahaannya abal-abal.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »