Wisata Mangrove Bengkulu: Objek Wisata Terbaik Sewa Kapal Murah

Juni 17, 2019
Wisata mangrove Bengkulu saat ini khususnya kawasan mangrove Pulau Baai mulai dilirik wisatawan ekowisata mangrove dari berbagai daerah. Simak ulasan tentang objek wisata mangrove Bengkulu, harga tiket masuk kawasan wisata mangrove Bengkulu, serta sewa kapal wisata mangrove Bengkulu Pulau Baai berikut ini.
Geliat wisata di Propinsi Bengkulu khususnya di Kota Bengkulu mulai bergairah salah satunya pada wisata mangrove. Promosi gencar di berbagai media sukses mendorong semangat pengembangan wisata oleh berbagai pihak.

Penyediaan akses lewat pembangunan sangat berperan menambah gairah wirausaha di sektor wisata khususnya wisata mangrove. Dampaknya wisatawan mulai berbondong-bondong ingin merasakan sensasi yang dihadirkan berbagai kawasan wisata menarik di Kota Bengkulu dan penghasilan masyarakat juga bertambah.

Objek wisata mangrove saat ini adalah salah satu destinasi wisata di Bengkulu yang sangat menarik perhatian para traveler baik yang ingin sekedar melepas kejenuhan di tepi sungai maupun yang ingin benar-benar merasakan sensasi menelusuri hutan mangrove. Wisata mangrove di Indonesia sendiri sudah cukup mendunia. Anda bisa cari tahu informasi tentang wisata mangrove ini lewat situs traveling.

wisata mangrove yang baru

Menikmati Sensasi Wisata Kawasan Mangrove Bengkulu

Hutan mangrove atau hutan bakau berasal dari bahasa Portugis mangue yang berarti tumbuhan dan bahasa Inggris grove yang berari belukar. Hutan bakau atau hutan mangrove ini secara umum bisa didefinisikan sebagai ekosistem hutan daerah pantai yang bisa hidup di lingkungan dengan kadar garam tinggi.

Kawasan mangrove Indonesia luasnya setidaknya antara 2,5 juta hingga 4,5 juta ha dan adalah hutan bakau terluas di dunia (mencapai 25 persen dari total luas mangrove di dunia). Saat ini ekosistem mangrove semakin berkurang oleh karena itu termasuk dalam kawasan cagar yang dilindungi oleh undang-undang. Salah satu cara mempertahankan ekosistem mangrove adalah dengan menjadikannya sebagai taman wisata alam (TWA).

Ekosistem mangrove adalah penunjang utama kawasan pesisir di Kota Bengkulu. Kawasan mangrove Bengkulu khususnya di Kota Bengkulu adalah satu kesatuan yang terbentang sepanjang taman wisata alam Pantai Panjang - Pulau Baai. Terdapat sekitar kurang lebih 247,61 ha luas hutan mangrove di kawasan ini.

Kawasan Wisata Mangrove Bengkulu sebelumnya diwakili oleh objek wisata mangrove Badrika yang juga merupakan spot mangrove pada TWA Pantai Panjang-Pulau Baai. Sekarang ada satu lagi objek wisata mangrove yang baru di Bengkulu dan sukses menarik perhatian yaitu objek wisata mangrove Pulau Baai.

Profil Kawasan Mangrove Pulau Baai Kota Bengkulu

Objek wisata mangrove Pulau Baai Kota Bengkulu termasuk dalam wilayah administratif kelurahan Sumber Jaya Kecamatan Kampung Melayu. 118,14 Ha dari luas total kawasan ekosistem mangrove TWA Pantai Panjang-Pulau Baai berada di kawasan Pelabuhan Pulau Baai.

Pemerintah Kelurahan Sumber Jaya tergolong aktif mendorong pembangunan dan pengembangan wilayahnya, khususnya untuk penataan lingkungan permukiman dalam rangka pengentasan kumuh serta peningkatan sumber daya manusia. Sektor wisata adalah salah satunya.

Kelurahan Sumber Jaya memang tergolong kumuh. Per tahun 2018 luas kawasan kumuh di Sumber Jaya lebih kurang 41,92 ha dimana 11,8 Ha diantaranya berada di kawasan di sekitar pelabuhan Pulau Baai. Cukup banyak instansi yang mencanangkan program pembangunan di kelurahan ini.

pengembangan kawasan wisata bengkulu
Salah satu hasil pembangunan untuk menunjang akses permukiman kawasan Sumber Jaya oleh KOTAKU
Selain program Kawasan Strategis PUPR yang merupakan program nasional terdapat juga kontribusi program KOTAKU yang menangani kualitas permukiman serta pencegahan kumuh baru. Per tahun 2018 program KOTAKU turut berkontribusi dalam penyediaan akses dan peningkatan kualitas permukiman berupa jalan, drainase, serta fasilitas persampahan. Tahun ini program KOTAKU juga akan menangani permasalahan sanitasi di permukiman yang lokasinya di pinggir sungai sekitar kawasan mangrove.

Objek Wisata Terbaik Di Sekitar Kawasan Mangrove Bengkulu

Objek wisata hutan mangrove di kawasan mangrove Pulau Baai Sumber Jaya ini mulai mengalami perubahan wajah sejak adanya pembangunan kawasan strategis PUPR Propinsi Bengkulu dan program KOTAKU Kota Bengkulu. Bila tadinya umumnya sumber utama penghasilan penduduk adalah mencari dan menjual ikan sekarang perlahan-lahan banyak yang bekerja sampingan sebagai guide bagi wisatawan ekowisata mangrove yang berkunjung, sebagai pengrajin dan penjual cinderamata, serta pedagang kuliner.

Cukup banyak komunitas yang berkecimpung dalam pemberdayaan dan peningkatan kualitas masyarakat di sini. Mulai dari LPM Kelurahan, LKM Maju Jaya, Forum/Komunitas Mangrove, forum nelayan, hingga komunitas RISMA. Selain menggalakkan program penanganan dan pencegahan kumuh juga menggalakkan program Kampung KB serta program wisata mangrove.

Lokasi mangrove Bengkulu Pulau Baai sendiri sangat didukung eksistensi dan pengembangannya oleh komunitas-komunitas tersebut. Lalu apa saja spot-spot terbaik di kawasan wisata mangrove Pulau Baai yang menjanjikan pengalaman wisata yang tak terlupakan ?


1. Taman Wisata Kampung Sejahtera

Tempat wisata di sekitar kawasan mangrove Pulau Baai antara lain Taman Kampung Sejahtera. Ya, sesuai namanya kawasan permukiman di sekitar Pelabuhan Pulau Baai ini disebut Kampung Sejahtera. Taman Kampung Sejahtera ini terletak di sepanjang sungai. Setiap hari puluhan hingga ratusan orang berduyun-duyun ke tempat ini. Taman ini adalah objek wisata Bengkulu yang cukup instagrammable.

wisata mangrove bengkulu saat ini

Desainnya yang futuristik serta asri membuat lokasi Taman Wisata Kampung Sejahtera ini jadi spot yang paling banyak didatangi. Selain itu Taman Kampung Sejahtera ini tergolong objek wisata kekinian di Bengkulu yang bahkan jauh lebih keren di bandingkan taman di pusat kota. Anda bisa traveling ke sini kapan saja setiap hari.

2. Ekowisata Alam Hutan Mangrove

Hutan mangrove yang terdapat di Pulau Baai pada kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Pantai Panjang-Pulau Baai ini adalah tempat terbaik bagi traveler yang menyukai alam selain wisata pantai atau wisata pegunungan.

lokasi wisata mangrove
Berwisata menyusuri hutan mangrove dengan perahu wisata
Wisata mangrove malam hari di Bengkulu Pulau Baai memberikan nuansa berbeda. Ada banyak lokasi wisata mangrove Indonesia namun tempat wisata mangrove yang baru di Bengkulu ini menawarkan sisi lain yang menarik, yaitu suasana malam hari yang kerlap kerlip oleh lampu baik lampu rumah penduduk maupun lampu kapal nelayan serta kapal wisata.

Sensasi yang cukup terasa bila anda berlibur dengan berwisata alam hutan mangrove adalah ketika mengarungi sungai dengan kapal. Ketika berada di atas kapal wisata yang berangkat dari dermaga anda akan melihat dua kondisi yang berbeda di kedua sisi anda yaitu aktivitas interaksi sosial di permukiman di satu sisi serta kondisi keheningan dan kesejukan di sisi lainnya di hutan mangrove.

Disinilah anda akan terbuai secara spiritual. Anda sebagai makhluk sosial, dan anda sebagai bagian dari alam. Selain itu anda bisa belajar banyak tentang hidup dan kehidupan ketika berinteraksi dengan guide yang umumnya adalah warga setempat.

3. Spot Mancingmania

Objek wisata kawasan hutan mangrove Bengkulu juga menawarkan keunikan lainnya. Anda bisa menikmati sensasi mancing di sekitar sungai. Bagi anda yang punya hobby mancing, kenapa tidak mencoba mengail ikan di sini ? Jangan lupa, beberapa sponsor seringkali mengadakan lomba mancing di kawasan wisata mangrove tepi sungai. Coba deh.

4. Spot Handcraft

wisata mangrove di Indonesia
Salah satu kios pedagang handicraft dan souvenir di sekitar kawasan wisata mangrove Pulau Baai Bengkulu
Selain berwisata menelusuri hutan mangrove anda juga bisa kok cuci mata melihat barang-barang kerajinan unik. Tidak jauh dari Taman Wisata Kampung Sejahtera terdapat kios-kios yang menjual cindera mata berbahan kulit kerang, sisik ikan, hingga manik-manik. Anda bisa menambah koleksi hiasan di rumah dengan barang-barang kerajinan tangan warga setempat yang unik dan murah tapi punya nilai guna dan nilai seni tinggi.

5. Spot Selfie

Bila anda ingin menambah koleksi foto anda bersama keluarga, teman, atau diri sendiri anda juga bisa berselfie ria di dermaga. Ada beberapa spot dermaga yang sangat instragammable.

Apa Aktivitas Wisata Yang Bisa Dilakukan di Tempat Wisata Mangrove Bengkulu ?

Ketika anda berlibur dan ingin jalan-jalan pastinya anda harus punya perencanaan yang baik. Mulai dari merencanakan biaya perjalanan, rencana paket wisata, serta aktivitas yang ingin anda lakukan selama berlibur.

Selama berwisata di kawasan wisata mangrove Pulau Baaik Bengkulu anda bisa kok melakukan banyak hal, antara lain:
  • Fieldtrip.
  • Mancing ikan.
  • Main musik.
  • Fotografi.
  • Vlogging (Video Blogging).

Harga Tiket Masuk Objek Wisata Mangrove Bengkulu

Harga tiket masuk ke kawasan wisata mangrove Bengkulu untuk saat ini masih gratis. Ini artinya anda masih bisa menikmati berlibur di lokasi wisata mangrove Pulau Baai Bengkulu ini sepuas-puasnya tanpa biaya. Nantinya kawasan ini akan dibuat aturan bersama pengelolaan kawasan, mulai harga tiket masuk di kawasan wisata mangrove hingga biaya parkir kendaraan.

Sewa Kapal Wisata Mangrove : Harga Murah Plus Nyaman

Bagi anda yang ingin berwisata ke tempat wisata mangrove forest Pulau Baai Bengkulu ini naik satu-satunya transportasi adalah menggunakan kapal. Kapal yang anda tumpangi adalah jenis perahu mesin khas perahu wisata bermuatan 15 orang.

Penumpang harus merogoh kocek antara Rp 10.000 sd Rp 20.000/per orang. Harga sewa kapal ini adalah harga bersama perahu wisata di kawasan mangrove. Harga sewa perahu wisata ini tergolong murah bila dibandingkan dengan sewa transportasi sejenis di tempat wisata mangrove Indonesia lainnya.

perahu wisata mangrove


Beberapa perahu wisata yang bisa anda jadikan tumpangan selama menyusuri hutan mangrove didesain cukup menarik, salah satunya perahu wisata milik Yani. Yani adalah warga Kampung Sejahtera yang sehari-harinya selain sebagai fasilitator Kampung KB dan UPK LKM Maju Jaya yang juga menyediakan jasa transportasi perahu wisata mangrove.

Paket Ekowisata Mangrove Forest Bengkulu

Paket wisata di Bengkulu cukup banyak, misalnya paket wisata Pulau Tikus atau paket wisata Air Suban di Kota Curup. Penyedia jasa perjalanan wisata Bengkulu juga tidak sedikit. Tapi untuk paket perjalanan wisata Mangrove Bengkulu saat ini belum ada. Anda akan bepergian menikmat wisata alam mangrove dengan bantuan penduduk lokal. Jangan khawatir, warga lokal yang jadi guide di sini ramah dan menguasai wilayahnya kok.

Fasilitas Yang Didapatkan Bila Menikmati Liburan di Tempat Wisata Mangrove

Saat ini fasilitas yang akan anda dapatkan ketika berwisata alam mangrove di Bengkulu antara lain taman/rest area, parkir kendaraan gratis, akses transportasi air murah, serta fasilitas-fasilitas pendukung lainnya seperti WC. Tentunya fasilitas ini akan semakin bertambah seiring dengan waktu dan meningkatnya kualitas infrastruktur.

Foto Wisata Mangrove Bengkulu

Foto-foto objek serta aktivitas wisata mangrove berikut ini bisa menjadi referensi bagi anda untuk merencanakan jalan-jalan atau mengisi liburan.

jasa sewa transportasi wisata murah Indonesia


jasa travel wisata

tempat wisata mangrove sumatra


wisata mangrove di bengkulu


Nah, tunggu apalagi ? Buat anda pencinta wisata alam coba deh Wisata Mangrove Bengkulu di kawasan Pulau Baai ini. Yakin deh, Wisata Mangrove Bengkulu representasi objek wisata terbaik Bengkulu dengan sewa kapal murah.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 Comments

Write Comments
11.05

Ya seyuju, aku dah main ke sini. Seru, sewa kapalnya juga murah

avatar
12.47

kebetulan jasa kapal punya teman kita warga binaan

avatar