VivoBook Ultra A412DA, Laptop ASUS 14 Paling Colorful

Agustus 18, 2019
Setelah merilis Vivobook A412 yang bertenaga Intel, ASUS meluncurkan Vivobook Ultra A412DA yang berprocessor AMD Ryzen 3000 Series 2nd Generation. ASUS Vivobook Ultra A412DA yang bergrafis Radeon Vega ini ditengarai menjadi The World's Smallest 14 Inch Colorful Laptop. Display yang tipis dan ringkas serta fitur dan pengoperasiannya yang menggunakan Windows 10 Pre Installed menjadi lirikan saat ini.


Vivobook 14 Ultra A412DA AMD Ryzen

ASUS akhir tahun 2018 lalu (atau awal tahun 2019) menurut rilis GfK (Gesellschaft fur Konsumforschung) telah menguasai 41,8 persen pasar laptop consumer atau naik 41,2 persen dari tahun sebelumnya. ASUS juga menjadi raja untuk segmen gaming (menguasai 61 persen pasar). Pencapaian ini tidak terlepas dari jajaran laptop gaming serta laptop-laptop ultra tipis dan ringkas yang menguasai 23 persen pasar dimana kontribusinya berasal dari antara lain jajaran ASUS Vivobook, yang tahun sebelumnya "cuma" 5,4 persen (naik empat kali lipat).

Tahun ini, perusahaan yang terinspirasi oleh Pegasus (hewan legendaris yang menandakan pencapaiannya) ini ASUS kembali meluncurkan salah satu laptop tipisnya di Indonesia dari keluarga ASUS Vivobook dan yang paling ringkas dikelasnya. Kali ini berkolaborasi dengan AMD Ryzen 3000 series, laptop ASUS itu dinamai VivoBook Ultra A412DA.

Berikut ini adalah ulasan mengenai display, fitur serta ketangguhan Vivobook Ultra A412DA yang ditengarai cukup garang untuk mendesain, gaming, serta untuk hiburan tersebut.

VivoBook Ultra A412DA, Laptop Tipis Terbaru ASUS Harga Terjangkau


Vivobook A412DA display dan desain
Penampakan/display ASUS Vivobook A412DA bertenaga AMD Ryzen (foto : dari berbagai sumber).

Display Dan Desain

ASUS Vivobook Ultra A412DA adalah perangkat yang tepat buat anda yang energik dan punya mobilitas tinggi. Laptop yang dirilis Juni lalu ini didesain khas kekinian : tipis, ringan, dan ringkas. Dengan dimensi 32 cm dan lebar 21 cm serta tebal "cuma" 19,5 mm laptop ini menghadirkan dirinya khas laptop Ultra dan menjadikannya sebagai laptop 14 inchi terkecil di dunia alias The World Smallest 14 Inch Laptop pada kelasnya.

Ukuran Asus Ultrabook AMD Ryzen 14' 32 x 21 x 19

Bobot yang cuma 1,5 kg membuatnya ringan untuk dibawa kemanapun. Laptop ultra yang satu ini juga tidak ringkih. Desain yang beginian membuatnya sangat mudah dimasukkan ke dalam tas dan tidak membuat tas jadi gembung.

Selain itu laptop besutan perusahaan dengan ratusan penghargaan dunia ini didesain stylish dan colorful. ASUS merilis empat varian warna yaitu Transparent Silver, Slate Grey, Peacock Blue, dan Coral Crush. Keempat varian warna ini akan mengekspresikan jiwa si pemiliknya.

Vivobook A412DA color

Masih soal desain, dari segi display ASUS Vivobook Ultra A412DA dirancang dengan desain yang "menipu". Bayangkan, laptop ini seperti laptop berukuran 13 inchi, padahal dia adalah laptop 14 inchi. Inilah juga sebab lain mengapa laptop ASUS 14 inchi yang satu ini digelari The World Smallest 14 Inchi Notebook. Teknologi NanoEdge dari ASUS-lah penyebabnya. Kok bisa ?

Vivobook Ultra A412DA 14 inch

Hadirnya NanoEdge di ASUS Vivobook Ultrabook Ultra A412DA ini membuat bezel yang biasanya berukuran lebar atau besar pada laptop umumnya jadi diminimalisir. Ukuran bezel Vivobook Ultra A412DA ini hanya 5,7 mm dengan rasio screen-to-body mencapai 87 persen sehingga layar jadi serasa luas. Penyematan teknologi canggih ini memberikan pengalaman baru bagi penggunanya untuk menikmati berbagai aktivitas di laptop. Entah itu main game, atau nonton film.

Ada fitur spesial lainnya pada desain dan display di Vivobook Ultra A412DA ini, yaitu gambar yang tetap hidup meskipun dilihat dari sudut hingga 178 derajat. Jadi suka deh kalau Brie Larson juga bisa ngeliat saya dari berbagai sudut (mirip-mirip lukisan Monalisa karya si legendaris Leonardo da Vinci itu). Ah, si Brie jadi bikin ge-er.

Vivobook Ultra A412DA AMD Ryzen with Ergolift

Selain teknologi NanoEdge, ASUS juga menyematkan teknologi unik lainnya yaitu ErgoLift. Adanya Ergolift ini membuat laptop bisa terangkat hingga membentuk sudut 2 derajat sehingga penggunanya lebih nyaman mengetik. Keberadaan Ergolift membuat penggunaannya lebih Ergonomis karena selain mempermudah proses mengetik juga memberi ruang lebih untuk memperlancar sirkulasi udara. Alhasil laptop tetap sejuk, dan lengan tidak terasa panas.

Khususnya buat pengguna yang berkutat dengan angka-angka ASUS juga menambahkan teknologi virtual pad bernama numberpad. Teknologi ini memudahkan pengguna mengolah angka dengan keyboard berisi angka-angka standar numerik yang muncul secara virtual saat dibutuhkan.

ASUS Vivobook Windows 10 Pre Instal

Kinerja

Kelebihan yang bisa didapatkan selain dari aspek desainnya adalah dari sisi kinerja. ASUS cukup cerdik dengan menyematkan processor AMD yang cukup garing untuk pengguna yang doyan main game atau bermain grafis. Menggunakan varian processor AMD Ryzen generasi kedua, Vivobook Ultra A412DA hadir dengan dua varian processor yaitu AMD Ryzen 3 (AMD Ryzen™ 3200) untuk laptop 4GB RAM serta varian AMD Ryzen 5 (AMD Ryzen™ 3500) untuk laptop 8GB RAM dengan tipikal dapur pacu 4 inti 8 thread. Kedua varian ini mampu berlari dengan clockspeed mencapai 3,7 GHz. Kencang lah ya...Ada plusnya nih, masih tersedia slot RAM hingga 12 GB lho.

Performanya juga semakin kuat dari sisi grafis karena menyertakan kartu grafis AMD terbaru  yang terintegrasi dengan processornya yaitu Radeon™ Vega 3 (untuk varian A412DA AMD Ryzen 3) dan Radeon™ Vega 8 (untuk varian A412DA AMD Ryzen 5). Kelebihan kartu grafis ini adalah dari sisi proses 14nm serta fitur hemat daya yang menyebabkan konsumsi daya yang dihasilkan dari kartu grafis tersbut jadi lebih rendah sehingga berdampak pada efektivitasnya pada laptop-laptop berdesain tipis. Alhasil laptop mungil ini bahkan bisa diajak berkompetisi memainkan sejumlah game eSport, semisal League Legends atau Counter Strike Go (CS Go).

Kinerja ASUS Vivobook AMD Ryzen 3 dan AMD Ryzen 5 pada Ultra A412DA ini jadi semakin cepat dengan dukungan storage hingga 1TB. Wow, luas bukan ? Dengan ruang penyimpanan sebesar ini pastinya lega banget menyimpan file-file berkapasitas besar, mulai dari software desain grafis sekelas Photoshop CS6, game CS Go, hingga film-film berformat MP4 yang berukuran gigabit.

Pengoperasian

Hadirnya OS Windows 10 pre instal di ASUS Vivobook Ultra A412DA memberikan warna tersendiri khususnya dari sisi kemudahan dan kecepatan dalam pengoperasian maupun dari sisi keamanan.

Dengan sistem face recognition dan finger print penggunanya bisa langsung ke Mode On tanpa menunggu lama harus mengetik password/PIN karena sudah terkoneksi dengan Windows Hello. Bahkan bila tiba-tiba sudah brewokan, atau berbedak tebal, atau saat ini dengan kacamata minggu depannya pakai contact lens fitur ini masih mengenali si pemiliknya. Fitur ini jelas menguntungkan penggunanya tanpa khawatir "daleman" laptop bakalan diotak-atik orang lain.

Lebih terasa special lagi karena OS Windows 10 ini sudah terinstal secara bawaan, dan pastinya ori. Dengan begini kualitas pengoperasian tetap terjaga dan pengguna terhindar dari urusan bajak-membajak atau menginstal software tidak resmi.

Fitur Windows Hello

Konektivitas yang lengkap juga menjadi salah satu kelebihan yang akan didapatkan di ASUS Vivobook Ultra A412DA Ryzen 3 maupun Ryzen 5 ini. Seperti umumnya jajaran laptop ASUS terbaru lainnya, Vivobook Ultra A412DA dilengkapi dengan 1x USB 3.1 Gen1 (Type-A), 1x USB 3.1 Gen1 (Type-C), 1x USB 2.0, 1x HDMI hingga Audio Jack dan slot card reader MicroSD.

Keberadaan tipe-tipe USB tersebut akan membuat proses pemindahan atau transfer data antar perangkat yang biasanya makan waktu jadi terpangkas. 

usb type-c type-a hdmi
Konektivitas Pendukung Pada Vivobook A412DA (sumber : Laptophia dan lainnya)
Oya, di laptop terbaru ASUS AMD ini juga tidak ketinggalan HD Web Camera, Dual-band 802.11ac WiFi (2×2), Bluetooth 4.2, Sonic Master Audio Speaker dan Array Microphone.

Multimedia dan Hiburan

Perpaduan antara layar HD yang sangat tajam, processor kencang, grafis legit, serta konektivitas lengkap membuat Ultrabook A412DA jadi terasa lebih menjanjikan bukan hanya untuk mendesain atau main game, tapi juga untuk hiburan dan multimedia. Ini karena ASUS turut menyematkan teknologi ASUS SonicMaster dan Harman Kardon sehingga suaranya lebih menggelegar dan lebih jernih berkualitas premium.

Saya bakalan bisa berpuas-puas mendengar gemuruh konser Dream Theater, sang legend progessive rock. Atau suara syahdu mendesah Raisa. Atau suara kalem si Brie yang jarang ngomong itu. Bukan James LaBrie vokalis Dream Theater ya, tapi Brie Larson si Captain Marvel.

Baterai

Teknologi fast charging pada smartphone mulai menjalar ke perangkat laptop. Khususnya Vivobook A412DA ASUS menanam sistem battery charging yang membuat baterai laptop terisi hingga 60 persen hanya dalam waktu 49 menit. Pengisian cepat ini terintegrasi pula dengan sistem Health Charging sehingga baterai lebih awet dan terhindar dari overcharging yang sering membuat baterai jadi soak. Teknologi yang mendukung banget untuk tetap produktif kapan saja dimana saja, khususnya saya yang mesti fleksibel dengan keadaan.

Spesifikasi Lengkap ASUS Vivobook Ultra A412DA

spek ASUS Vivobook A412DA Ryzen 3/5 2019
Spesifikasi ASUS Vivobook Ultra A412DA
Videonya seperti berikut ini.


Harga Vivobook Ultra A412DA

Harga yang dibandrol untuk mendapatkan benda berkualitas seperti ASUS Vivobook Ultra A412DA pun tergolong cantik di kantong, mulai dari Rp 6 Jutaan.

Harga laptop 6 jutaan dan 8 jutaan

Dengan spesifikasi, fitur dan kinerja mumpuni jelas harga tersebut tergolong terjangkau. Bagaimana, tertarik dengan ASUS Vivobook Ultra A412DA ini ?

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »