8 Cara Jitu Meningkatkan Penjualan Online di Marketplace Tahun 2021

Menguraikan tentang strategi dan cara meningkatkan penjualan yang efektif dan mendatangkan keuntungan maksimal.
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated

Mendapatkan keuntungan adalah cita-cita para pebisnis. Strateginya yaitu dengan meningkatkan penjualan. Tapi bagaimana caranya meningkatkan penjualan ? Kali ini Bang Oben mau berbagi trik meningkatkan penjualan yang efektif untuk berbagai jenis usaha yang kamu jalani.

Cara meningkatkan penjualan harus disertai dengan berbagai berbagai pertimbangan yang cermat. Apalagi saat ini dunia bisnis semakin dinamis, dimana jual beli berbagai produk dapat dilakukan secara melalui marketplace.

Sebut saja Tokopedia, Shopee, serta Lazada yang merupakan toko online besar yang menyediakan semua kebutuhan masyarakat, kini telah merangkul para penjual untuk bekerjasama dan membuka lapak sendiri di online store tersebut.

Dengan tingkat persaingan yang tinggi maka kamu juga mesti memperhitungkan segala sesuatunya. Apakah bisnis yang sobat jalani punya prospek ? Apakah produk yang sobat hasilkan disukai pasar ? Lalu, apakah sobat sudah tahu siapa saja pesaing-pesaing yang punya produk serupa ? Dan apakah baragam upaya yang selama ini dilakukan sudah memberikan bukti nyata ?

cara meningkatkan penjualan di marketplace
Usaha ikan asin di Kelurahan Sumber Jaya, Bengkulu (dok. Bang Oben)

Cara Meningkatkan Penjualan Yang Efektif di Marketplace

Ada sejumlah cara untuk meningkatkan penjualan produk sobat. Namun trik meningkatkan usaha tersebut harus diiringi dengan komitmen yang kuat dan tidak takut mencobanya.

Beberapa strategi meningkatkan penjualan berikut ini layak diterapkan, selain agar omset penjualan bertambah juga bisa mengembangkan bisnis secara kebih luas.

Baca Juga : Fitur Pintu Aplikasi Jual Beli Aset Kripto Terbaik di Indonesia

1. Jaga Kualitas Produk

Cara meningkatkan penjualan produk dimulai dengan menjaga kualitas produk. Cari tahu apa kelebihan dan kekurangan produk yang dipunyai. Bila sobat menjalankan bisnis kuliner, pastikan apakah pelanggan sobat masih sering membeli. Kamu juga bisa memakai survey atau pooling bagi pelanggan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan. Baik kepuasan terhadap rasa, maupun terhadap pelayanan. Selain itu mulailah berinisiatif membuat variasi produk.

2. Bangun Identitas Dan Brand Sendiri

Apa yang membuat bisnis sobat dikenal ? Atau apa sebenarnya yang paling mendatangkan keuntungan dari usaha yang dijalani ? Apakah produknya, kemasannya, atau layananya ? Pertanyaan ini adalah bentuk evaluasi terhadap usaha tersebut. Sobat bisa memulai membangun ikon atau trademark bisnis sendiri. Cara meningkatkan penjualan dengan membuat logo unik terbukti punya kontribusi. Bangun pula kepercayaan pelanggan.

3. Menyusun Daftar Kompetitor Serta Produknya

Cara untuk meningkatkan penjualan selanjutnya yaitu dengan membuat database pesaing. Buatlah daftar pesaing yang punya produk sejenis dengan yang dipunyai. Cari tahu apa saja variasi yang mereka punya, harga produk, kemasannya, serta bagaimana pola pelayanan yang mereka punya. Dari sini sobat bisa membuat strategi-strategi baik yang bersifat antisipatif maupun inovatif.

4. Lakukan Promosi Dan Pemasaran Secara Online

Kalau seandainya sobat menjalani bisnis pecel lele dan lebih mengandalkan lokasi strategis daripada promosi, mulailah untuk mengubah paradigma tersebut. Promosi dan pemasaran diketahui punya tingkat efektifitas yang tinggi mendatangkan pengunjung. Artinya semakin banyak pelanggan yang datang, potensi mendapatkan pesanan juga semakin besar. Cara meningkatkan penjualan dengan promosi dan penjualan ini terbukti efektif mendatangkan keuntungan berlipat ganda.

5. Manfaatkan Media Digital

Cara agar penjualan meningkat juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan media digital. Misalnya melakukan pemasaran dan penjualan lewat blog, atau meningkatkan penjualan dengan website. Seperti diketahui, di era digital sekarang ini semuanya serba cepat dan mudah. Cukup dengan menekan tombol aplikasi di smartphone dalam sekejap produk sobat sudah bisa dilihat semua pengguna smartphone di seluruh dunia.

Oya, bila sobat sudah pernah berjualan di toko online bagaimana hasilnya ? Apakah penjualan meningkat ? Bila ternyata penjualan menurun berarti ada yang harus dimaksimalkan karena selama ini toko online seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, atau Shopee terbukti ampuh meningkatkan penjualan pemilik produk.

Cara meningkatkan penjualan di Bukalapak, Shopee, Tokopedia, atau Lazada sebenarnya cukup mudah. Kamu tinggal mempelajari petunjuk dari toko online tersebut, apalagi Shoppe dan Bukalapak misalnya, punya program khusus bagi pelaku UKM/UMKM dan pemilik produk ushaa ekonomi kreatif lainnya.

Jangan lupa memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram, atau Youtube sebagai media pemasaran. Menggunakan media sosial adalah cara meningkatkan penjualan online yang paling tepat di jaman sekarang, tidak lagi mesti door to door.

Contohnya cara meningkatkan penjualan di instagram kini bisa lewat pembuatan video yang telah terbukti menarik minat pengguna dan kemudian melakukan interaksi.

6. Bermitra Dengan Pihak Lain

Cara meningkatkan penjualan juga bisa kamu lakukan dengan membuka kerja sama dengan pihak lain. Kerjasama ini sering disebut dengan kemitraan. Cara meningkatkan penjualan di Lazada, Bukalapak, Shopee, atau Tokopedia adalah salah satu bentuk kerja sama tersebut. Kerja sama lainnya juga bisa dilakukan dengan merangkul BUMN sebagai sponsorship. Baik sponsorship permodalan, peningkatan kapasitas, packaging, atau kemitraan berupa pemasaran. Sobat hanya menyiapkan produk, dan calon mitra yang memasarkannya.

7. Ikut Pelatihan Kewirausahaan

Mendapatkan pengembangan kapasitas adalah salah satu metode agar pelaku bisnis sukses menjalankan usahanya. Sebagai contoh, bila anda menjalankan usaha warung kopi tentunya anda tidak hanya berkutat tentang produk kopi saja tapi juga mengenai pemasaran dan penjualannya.

Kamu bisa mengikuti pelatihan barista dan usaha warung kopi. Untuk menambah kapasitas, kamu juga perlu belajar bahasa Inggris semisal les bahasa Inggris EF Adults.

Bergabung Dalam Komunitas

Bergabung dalam komunitas tertentu merupakan cara jitu lainnya yang bisa kamu lakukan. Lewat komunitas kamu bisa mendapatkan berbagai hal baru, bisa berkonsultasi, mendapatkan pengetahuan baru, bahkan bisa memasarkan dan menjual produk bareng-bareng anggota komunitas. Misalnya jika kamu fokus pada produk pertanian, coba saja bergabung ke dalam komunitas pertanian Sariagri atau komunitas-komunitas lainnya.

Nah, itulah cara meningkatkan penjualan untuk produk sobat. Sebagai motivasi, semuanya hanya bisa dibuktikan bila telah dilakukan. Selamat mencoba.

Getting Info...

About the Author

Cuma orang biasa saja. Penyuka musik cadas, penikmat film berkelas.

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.