6 Cara Meningkatkan Penjualan Yang Efektif Untuk Produk Anda

April 05, 2019
Mendapatkan keuntungan adalah cita-cita para pebisnis. Strateginya yaitu dengan meningkatkan penjualan. Tapi bagaimana caranya meningkatkan penjualan ? Kali ini Bang Oben mau berbagi soal cara meningkatkan penjualan yang efektif untuk berbagai jenis usaha yang sedang sobat jalani.

Meningkatkan penjualan mesti dilakukan dengan berbagai pertimbangan yang cermat. Mengingat saat ini dunia bisnis semakin dinamis, ditambah jumlah pelaku usaha juga semakin bertambah pastilah tingkat persaingan juga semakin tinggi.

Dengan tingkat persaingan yang tinggi maka sobat juga mesti memperhitungkan segala sesuatunya. Apakah bisnis yang sobat jalani punya prospek ? Apakah produk yang sobat hasilkan disukai pasar ? Lalu, apakah sobat sudah tahu siapa saja pesaing-pesaing yang punya produk serupa ? Dan apakah cara meningkatkan penjulan yang selama ini dilakukan sudah memberikan bukti nyata ?

Kiat Meningkatkan Penjualan Yang Efektif
Usaha ikan asin di Kelurahan Sumber Jaya, Bengkulu (dok. Bang Oben)

Cara Meningkatkan Penjualan Yang Efektif 

Hal ini harus sangat matang dipikirkan, mengingat cukup banyak usaha yang gulung tikar. Bukan cuma pebisnis besar saja, pelaku usaha kecil atau usaha mikro tidak sedikit yang bangkrut. Ada banyak hal yang menyebabkan pelaku usaha mengalami collaps. Tidak sedikit yang sampai dikejar-kejar utang karena meminjam uang sebagai modal untuk meningkatkan penjualan produknya.

Ada sejumlah cara untuk meningkatkan penjualan produk sobat. Namun trik meningkatkan usaha tersebut harus diiringi dengan komitmen yang kuat dan jangan takut mencobanya.

Nah, agar sobat bisa mengembangkan bisnis dan terhindar dari kerugian besar berikut ini adalah cara meningkatkan penjualan yang efektif yang bisa sobat terapkan.

1. Jaga Kualitas Produk Usaha

Cara meningkatkan penjualan produk sobat bisa dimulai dengan tetap menjaga kualitas produk. Cari tahu apa kelebihan dan kekurangan produk yang dipunyai. Bila sobat menjalankan bisnis kuliner, pastikan apakah pelanggan sobat masih sering membeli. Kamu juga bisa memakai survey atau pooling bagi pelanggan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan. Baik kepuasan terhadap rasa,  maupun terhadap pelayanan. Selain itu mulailah berinisiatif membuat variasi produk.

2. Bangun Identitas Dan Trademark

Apa yang membuat bisnis sobat dikenal ? Atau apa sebenarnya yang paling mendatangkan keuntungan dari usaha yang dijalani ? Apakah produknya, kemasannya, atau layananya ? Pertanyaan ini adalah bentuk evaluasi terhadap usaha tersebut. Sobat bisa memulai membangun ikon atau trademark bisnis sendiri. Cara meningkatkan penjualan dengan membuat logo unik terbukti punya kontribusi. Bangun pula kepercayaan pelanggan.

3. Mulailah Membuat List Daftar Pesaing Berikut Produk Pesaing

Cara untuk meningkatkan penjualan selanjutnya yaitu dengan membuat database pesaing. Buatlah daftar pesaing yang punya produk sejenis dengan yang dipunyai. Cari tahu apa saja variasi yang mereka punya, harga produk, kemasannya, serta bagaimana pola pelayanan yang mereka punya. Dari sini sobat bisa membuat strategi-strategi baik yang bersifat antisipatif maupun inovatif.

4. Lakukan Promosi Dan Pemasaran 

Kalau seandainya sobat menjalani bisnis pecel lele dan lebih mengandalkan lokasi strategis daripada promosi, mulailah untuk mengubah paradigma tersebut. Promosi dan pemasaran diketahui punya tingkat efektifitas yang tinggi mendatangkan pengunjung. Artinya semakin banyak pelanggan yang datang, potensi mendapatkan pesanan juga semakin besar. Cara meningkatkan penjualan dengan promosi dan penjualan ini terbukti efektif mendatangkan keuntungan berlipat ganda.


5. Manfaat Media Digital

Cara agar penjualan meningkat juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan media digital. Misalnya melakukan pemasaran dan penjualan lewat blog, atau meningkatkan penjualan dengan website. Seperti diketahui, di era digital sekarang ini semuanya serba cepat dan mudah. Cukup dengan menekan tombol aplikasi di smartphone dalam sekejap produk sobat sudah bisa dilihat semua pengguna smartphone di seluruh dunia.

Oya, bila sobat sudah pernah berjualan di toko online bagaimana hasilnya ? Apakah penjualan meningkat ? Bila ternyata penjualan menurun berarti ada yang harus dimaksimalkan karena selama ini toko online seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, atau Shopee terbukti ampuh meningkatkan penjualan pemilik produk.

Cara meningkatkan penjualan di Bukalapak atau cara meningkatkan penjualan di Shopee, Tokopedia, atau Lazada sebenarnya cukup mudah. Sobat tinggal mempelajari petunjuk dari toko online tersebut, apalagi Shoppe dan Bukalapak misalnya, punya program khusus bagi pelaku UKM/UMKM dan pemilik produk ushaa ekonomi kreatif lainnya.

Jangan lupa memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram, atau Youtube sebagai media pemasaran. Menggunakan media sosial adalah cara meningkatkan penjualan online yang paling tepat di jaman sekarang, tidak lagi mesti door to door.

Cara meningkatkan penjualan di instagram lewat pembuatan video terbukti menarik minat pengguna dan kemudian melakukan interaksi, dimulai dari tanya-tanya lalu terjadilah transaksi.


6. Buka Peluang Kerja Sama Dengan Pihak Lain

Cara meningkatkan penjualan juga bisa sobat lakukan dengan membuka kerja sama dengan pihak lain. Kerjasama ini sering disebut dengan kemitraan. Meningkatkan penjualan di Lazada, Bukalapak, Shopee, atau Tokopedia yang notabene adalah toko online terbaik adalah salah satu bentuk kerja sama tersebut. Kerja sama lainnya juga bisa dilakukan dengan merangkul BUMN sebagai sponsorship. Baik sponsorship permodalan, peningkatan kapasitas, packaging, atau kemitraan berupa pemasaran. Sobat hanya menyiapkan produk, dan calon mitra yang memasarkannya.

Cara meningkatkan penjualan seperti ini sudah lama dilakukan dan usaha tetap bertahan hingga sekarang. Contohnya UKM binaan UPK LKM Maju Jaya yang punya produk olahan ikan kering di Kelurahan Sumber Jaya di Kota Bengkulu, atau UKM binaan Dinas Pertanian yang punya produk olahan berbahan jeruk kalamansi di Kelurahan Padang Serai juga di Kota Bengkulu.

Nah, itulah cara meningkatkan penjualan yang efektif untuk produk sobat. Sebagai motivasi, semuanya hanya bisa dibuktikan bila telah dilakukan. Selamat mencoba.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »