7 Strategi Mengembangkan Usaha Dagang Kecil Kecilan Di Era Digital

Mengembangkan usaha wajib menjadi bahan pertimbangan bagi para pelaku usaha. Seperti halnya ketika memulai usaha, fase mengembangkan usaha pun butuh berbagai penjajakan dan upaya bila kamu benar-benar ingin berkecimpung total dalam dunia usaha.

Mengelola Bisnis Dengan Modal Kecil

tips mengembangkan bisnis modal kecil

Bisnis merupakan aktivitas jual beli barang dan atau jasa yang dilakukan secara perorangan, sekelompok orang atau organisasi kepada konsumen yang bertujuan untuk mendapatkan laba (profit). Ketika kamu terjun dalam dunia kewirausahaan, maka aktivitas bisnis sedang terjadi.

Modal adalah salah satu aspek penting dalam memulai usaha yang sering menjadi kendala utama bagi para pelaku bisnis. Tanpa modal orang akan sukar menjalankan rencana yang telah disusun.

Baca Juga : Tujuan dan Manfaat Bisnis

Tapi bukan berarti dengan modal kecil kamu tidak bisa memulai serta mengembangkan usaha. Apalagi kini ada sangat banyak bidang usaha yang bisa ditekuni. Oleh karena itu kamu harus mulai menyusun jenis usaha apa saja yang bisa dijalani seandainya cuma punya modal sedikit. Dengan buka usaha kecil kecilan di rumah kamu bisa kok mengembangkan sayap bisnis dengan brand sendiri.

Beberapa bisnis yang cuma butuh modal kecil tapi berpotensi memberikan untung besar antara lain usaha bungkus kado, bisnis pulsa, usaha desain logo online, serta usaha dagang. Semuanya tidak membutuhkan modal besar asal ada niat dan komitmen saja.

Baca Juga : Buka Usaha Warung Kopi Melalui Pelatihan Barista.

Mengikuti Kelas Pengembangan Skill Bisnis

Dimasa sekarang, skill menjadi salah satu modal utama bagi pelaku usaha agar dapat memulai dan mengembangkan bisnisnya. Terlebih saat ini digitalisasi telah diberlakukan di segala lini kehidupan, maka mau tak mau pelaku usaha pun harus mulai melek teknologi.

Bila kalian termasuk kategori usaha kecil atau UMKM, tak salah bila sedari dini mempersenjatai diri dengan berbagai skill. Misalnya skill marketing, desain grafis, hingga skill lobby bisnis. Kamu bisa mengikuti kelas tatap muka maupun kelas online terbaik di Indonesia yang saat ini banyak tersedia.

Ada banyak pilihan kelas yang bisa anda pilih. Misalnya kelas online harisenin.com atau program kelas dari lembaga keterampilan terdekat di kotamu. Yang penting, kamu mendapatkan ilmunya dan bisa menerapkannya untuk mengembangkan bisnis.

Bagaimana Mengembangkan Usaha Dagang Dengan Modal Minim

Siapa saja bisa berwirausaha, bahkan meskipun kamu seorang pegawai pemerintahan sekalipun. Pertanyaannya, apakah kamu sekedar memulai tanpa niat mengembangkan ? Tentunya akan sangat disayangkan kalau profit yang sudah didapat dari usaha yang dijalani tidak dikembangkan, apalagi bila usaha dagang tersebut punya prospek besar di masa depan.

Kalau memang kawula muda punya tekad untuk mengembangkan usaha dagang kecil, berikut ini ada beberapa tips mengembangkan usaha dagang kecil-kecilan yang bisa kamu terapkan.

  1. Mengarsipkan Catatan Transaksi Usaha Yang Sedang Berjalan
  2. Cara mengembangkan usaha dagang kecil yang pertama dilakukan adalah selalu menyimpan dokumentasi catatan perhitungan kebutuhan, potensi rugi, dan potensi keuntungan yang telah diperoleh selama menjalani usaha yang ditekuni. Contohnya kamu menjalani usaha dagang perlengkapan dan pengepakan kado, maka kamu harus menghitung berapa kebutuhan kertas kado yang akan dibeli selama ini. Dokumentasi pembukuan transaksi yang teradministrasi dengan baik akan menjadi modal penting buat kamu mempelajari dan membandingkan pemasukan dan pengeluaran saat pengembangan bisnis dijalankan.

  3. Lakukan Analisa Kebutuhan, Untung dan Rugi
  4. Cara mengembangkan usaha yang sudah berjalan selanjutnya yang perlu diterapkan adalah dengan melakukan analisis terhadap kebutuhan, untung, dan rugi. Seandainya kamu membutuhkan modal hanya Rp500ribu untuk membeli berbagai jenis kertas, beli lem, beli gunting. Sementara kamu menjual jasa pembungkusan kado seharga Rp 10ribu per satu bungkus kado, dimana satu lembar kertas kado bisa membungkus 4 jenis kado. Dalam sehari ada rata-rata 8 order untuk membungkus kado, maka kamu sudah mengantongi Rp 80ribu. Untuk mengetahui untung ruginya, kamu cukup menghitung berapa lembar kertas kado yang terbeli. Bila 1 lembar kertas kado seharga Rp 4ribu dan kamu bisa membeli 100 lembar, maka kamu sudah menggunakan modal sebesar Rp 400ribu. Bila dalam sehari kamu menghabiskan 2 lembar kertas untuk 8 bungkus kado dan mengantongi Rp 80ribu perhari, maka untuk menghabiskan 100 lembar kertas kado kamu hanya butuh 50 hari dan akan mengantongi Rp 4juta hanya dengan modal Rp 500ribu. Keren bukan ? Tapi tentunya kamu harus bisa melihat potensi dan peluang pasar, karena analisa tadi adalah sejumlah kertas selama 50 hari, sementara kamu juga harus punya pembukuan yang mencatat semua transaksi dengan hitungan bulan.

    Baca Juga : Tujuan dan Manfaat Pelatihan Keuangan Dalam Mengembangkan Usaha

  5. Manfaatkan Gadget
  6. Salah satu langkah dalam penerapan cara mengembangkan usaha modal kecil yang juga perlu dilakukan adalah mulai akrab dengan gadget dan internet. Dengan memanfaatkan ponsel dan internet, Kamu bisa mencari referensi apa saja tentang produk, cara pembuatan, cara memasarkan, cara mengelola usaha lewat gadget. Selain itu, kamu juga bisa melakukan pemasaran lewat gadget, dengan modal kuota internet Rp 10ribu perbulan kamu sudah bisa menjangkau calon konsumen hingga ke hampir seluruh belahan dunia.

  7. Gunakan Media Sosial
  8. Memanfaatkan media sosial juga strategi efektif mengembangkan usaha modal minim yang patut dicoba. Memanfaatkan Facebook, Twitter, Instagram sangat efektif untuk memperkenalkan siapa kamu, apa produk yang kamu punya, dan keuntungan serta kelebihan dari produk yang kamu tawarkan ke konsumen. Bahkan jaman sekarang orang sudah fasih berbelanja online hanya lewat Facebook. Kamu juga bisa kok membuat toko online sendiri.

  9. Buat Blog Atau Website Gratis
  10. Membuat website atau toko online sendiri adalah strategi berikutnya yang bisa dilakukan untuk mengembangkan bisnismu. Seandainya kamu menjalankan bisnis katering, cara mengembangkan usaha kuliner sangat efektif memanfaatkan media sendiri. Kamu bisa memposting artikel menu harian, mingguan, ataupun menu pilihan setiap bulan secara teratur.

  11. Tetap Melakukan Pembukuan Yang Teratur dan Disiplin
  12. Pencatatan transaksi sangat penting bagi siapa saja yang berbisnis. Bukan cuma yang baru menjalani saja, semua perusahaan bonafit didunia punya pembukuan (akuntansi). Dari pencatatan ini kamu akan mengetahui berapa uang yang digunakan untuk membeli pulsa, membeli kertas, serta membeli buku administrasi, dan berapa uang yang didapatkan. Melalui pencatatan juga akan diketahui apakah modal untuk usaha kecil kecilan bisa memberikan keuntungan besar atau tidak.

  13. Beralih Mengelola Bisnis Melalui Laptop
  14. Tak dapat dipungkiri, dunia teknologi semakin canggih dengan digitalisasi di berbagai bidang. Bisnis pun semakin mudah dikelola, namun tentu saja anda harus memiliki perangkat komputasi yang memadai, misalnya laptop untuk bisnis. Karena itu, mulailah beralih mengelola bisnis melalui perangkat mobile, baik melalui laptop maupun dari smartphone.

Baca Juga : Info Bimtek Keuangan Pusdiklat Pemendagri

Nah, itulah beberapat kiat buat sobat muda yang ingin sukses mengembangkan usaha kecil kecilan di rumah atau dimana saja. Jadi pebisnis tidak mesti mengeluarkan modal besar. Yang penting tekad dan komitmen, usaha keras, dan doa. Semoga bermanfaat.